PERINGATAN HARI ISRA MIRAJ

Selamat Memperingati Hari Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. hanyacoretankami.blogspot.com, - Hari Isra Miraj yaitu hari perjalanan agung Nabi Muhammad menuju langit ke-7 untuk menerima perintah sholat dari Allah SWT. Dalam perjalanan tersebut, Nabi Muhammad SAW juga bertemu dengan nabi-nabi lainnya.

Selamat Memperingati Hari Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.


Peringatan Isra Miraj jatuh pada tiap-tiap hari ke 27 Bulan Rajab dalam Kalender Islam, Hijriah. Pada hari itu kita umat Islam memperingati hari yang penting itu.


Isra merupakan perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekah menuju Masjidil Aqsa di Jerusalem. Sedangkan, Miraj adalah perjalanan Nabi dari bumi menuju Sidratul Muntaha, langit ke tujuh yang merupakan tempat tertinggi.


Isra Miraj merupakan salah satu mukjizat sebagai bukti kenabian dan kerasulan Muhammad Saw. Dalam Al-Quran, peristiwa yang hanya dialami Rasulullah Saw ini disebutkan dalam dua ayat.


Ayat tentang Isra terdapat dalam Al-Qur'an Surat Al-Isra, yanga artinya: "Mahasuci Dzat yang telah menjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada waktu sebagian dari malam hari dari masjid Al-Haram ke masjid Al-Aqsha yang telah Kami beri berkah sekelilingnya agar Kami dapat menunjukkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda kebesaran Kami…” (QS. Isra':1).


Sedangkan, Ayat tentang Miraj terdapat dalam Al-Qur'an Surat An-Najm , yanga artinya: "Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratul Muhtaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal. (Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratil Muntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya. Penglihatannya (Muhammad) tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya. Sesungguhnya dia telah melihat sebagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar." (QS. An-Najm: 13-18)


Dengan Peringatan Hari Perjalanan agung Nabi Muhammad SAW tentu ada begitu banyak mutiara hikmah yang bisa dipetik. Namun Hikmah utamanya terkait dengan shalat sebagai kewajiban sekaligus kebutuhan utama umat Islam.


Sebagaimana diketahui bahwa perintah sholat dari Allah SWT juga merupakan bagian dari salah satu Rukun Islam. Rukun yang dimaksud adalah Rukun kedua, yakni Mendirikan Sholat Wajib 5 Kali Sehari.


Artinya, Sholat merupakan ibadah yang paling dicintai Allah SWT karena aktivitas sholat dapat mendekatkan diri kepada-Nya. Tidak hanya untuk mendekatkan diri pada Allah, sholat juga bermandat untuk menenangkan hati, menyehatkan mental dan fisik secara keseluruhan.

https://hanyacoretankami.blogspot.com/


Baca: 21 KATA/KUTIPAN, PESAN, DAN UCAPAN HARI ISRA MI'RAJ 2022

Dikarenakan perintah sholat dari Allah SWT disampaikan ketika perjalanan Nabi dari bumi menuju Sidratul Muntaha, langit ke tujuh yang merupakan tempat tertinggi atau disebut dengan Miraj Nabi Muhammad SAW. Tentu, dengan Peringatan hari Isra dan Miraj 27 Rajab 1443 H diharapkan kita terinspirasi untuk terus mendekatkan diri pada Allah, melalui sholat baik yang Wajib maupun Sunnah juga segala amalan-amalan baik lainnya.


hanyacoretankami.blogspot.com mengucapkan Selamat Isra Miraj 1443 H, peringatan ini menjadi pengingat bahwa perjuangan Islam belum usai dan masih harus terus dilanjutkan!


Selamat mendirikan Sholat dan Selamat hari Isra Miraj 1443 H. Karena Momen ini adalah momen suci dan tidak hanya sebagai peringatan, namun sebuah langkah baru untuk menenangkan hati, menyehatkan mental dan fisik secara keseluruhan!!

Post a Comment for "PERINGATAN HARI ISRA MIRAJ"