KATA-KATA BIJAK UCAPAN SELAMAT HARI GALUNGAN TAHUN 2022

hanyacoretankami.blogspot.com Salah satu hari raya agama Hindu di Bali adalah hari raya Galungan. Kata galungan berasal dari bahasa jawa kuno yang artinya menang atau bertarung. Menurut lontar Purana Bali Dwipa, Galungan pertama kali dirayakan pada hari Purnama Kapat, Budha Kliwon Dungulan, tahun Saka 804 atau tahun 882 Masehi. Dalam lontar itu disebutkan:

https://hanyacoretankami.blogspot.com/2019/11/kata-kata-bijak-ucapan-selamat-hari-galungan-kuningan.html
Gambar kata-kata bijak ucapan selamat hari raya galungan & kuningan tahun 2022 bahasa bali


Punang aci Galungan ika ngawit, Bu, Ka, Dungulan sasih kacatur, tanggal 15, isaka 804. Bangun indria Buwana ikang Bali rajya.


Baca: PENGERTIAN HARI SUCI GALUNGAN DAN KUNINGAN

Artinya:

Perayaan (upacara) Hari Raya Galungan itu pertama-tama adalah pada hari Rabu Kliwon, (Wuku) Dungulan sasih kapat tanggal 15, tahun 804 Saka. Keadaan Pulau Bali bagaikan Indra Loka.



Makna Filosofis Galungan adalah suatu upacara sakral yang memberikan kekuatan spiritual agar mampu membedakan mana dorongan hidup yang berasal dari adharma dan mana dari budhi atma yaitu berupa suara kebenaran (dharma) dalam diri manusia. Hari Raya Galungan sering diartikan oleh umat Hindu sebagai hari untuk mengingatkan manusia secara ritual dan spiritual agar selalu memenangkan Dewi Sampad untuk menegakkan dharma melawan adharma. Dalam lontar Sunarigama. Tahun 2022 Hari Raya Galungan jatuh pada 6 Juni 2022, dan Hari Raya Kuningan jatuh pada 18 Juni 2022. "Rahajeng Galungan dan Kuningan, Juni 2022!"


Hari raya ini diperingati dengan cara melakukan upacara persembahyangan mulai dari sugihan Jawa yang dilaksanakan 6 hari sebelum hari raya Galungan, kemudian dilanjutkan Tiga hari sebelum hari Raya Galungan yaitu pada hari Minggu, Pahing wuku Dungulan, dikenal sebagai hari Penyekeban, lalu 2 hari sebelum hari Raya Galungan ada upacara Penyajaan dengan tujuan memantapkan diri untuk maju beberapa langkah menuju Galungan. Rangkaian upacara selanjutnya sehari sebelum hari Raya Galungan dilaksanakan Penampahan Galungan, dan akhirnya sampailah acara puncak di hari Raya Galungan, setelah semua perlengkapan upacara siap, bhuana alit dan bhuana agung bersih, mulai pada pagi hari umat berbondong-bondong melakukan kegiatan persembahyangan.


Untuk menambah semaraknya Hari raya Galungan lan Kuningan di tahun 2022 ini marilah kita berbagi kebahagiaan dengan cara memberikan kata-kata atau ucapan selamat hari Galungan kepada teman yang merayakannya. Berikut ini merupakan kata-kata mutiara ucapan selamat hari raya Galungan dikutip dari berbagai sumber.


1. "hanyacoretankami dan keluarga mengucapkan Selamat merayakan hari raya Galungan untuk umat beragama Hindu. Semoga semua makhluk senantiasa mendapat kedamaian serta mampu membedakan mana dorongan hidup yang berasal dari adharma dan mana dari budhi atma yaitu berupa suara kebenaran (dharma) dalam diri manusia."


2. "Selamat hari raya Galungan buat semua teman umat Hindu di Bali. Semoga kita semua dilimpahkan keselamatan dan kebahagiaan oleh Ida Sang Hyang Widhi Wasa.


3. "Seperti halnya perilaku matahari yang terbit melenyapkan kegelapan dunia, demikianlah ciri-cirinya pada orang yang melaksanakan dharma, adalah memusnahkan segala macam kenistaan jiwa."


4. "Mari menghaturkan puji syukur atas karunia Ida Hyang Widhi telah menciptakan alam semesta beserta segala isinya dangan membersihkan diri kita baik jiwa dan raga agar tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan agama baik tindakan maupun ucapan."


5. "Mari mantapkan diri dalam pelaksanaan upacara yadnya, karena umat akan dimulai digoda oleh Sang Bhuta Dungulan sebelum jiwa dan raga kita maju beberapa langkah menuju Galungan. Selamat Merayakan Hari Galungan lan Kuningan."


6. "Mari membersihkan diri kita baik jiwa raga dengan Dharma dan Kasih Sayang sehingga Dunia menjadi tempat yang Damai. Kami mengucapkan Selamat Hari raya Galungan lan Kuningan 2022"


7. "Rahajeng nyanggra rahina jagat Galungan lan Kuningan, September 2021! semeton titiang semuanya. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi ngicenin kerahayuan!"





8. "Jadikan hari kemenangan dharma (kebaikan) melawan adharma (kejahatan) untuk menyatukan kekuatan rohani (Jiwa dan Raga) agar mendapatkan pikiran terang sehingga muncul dharma dan kebaikan dalam diri kita. Karena itulah makna sesungguhnya dari hari raya Galungan."


9. "Om Swastiastu, hanyacoretankami dan pasangan mengucapkan Selamat Hari Raya galungan dan Kuningan tahun 2022. Om Santhi, Santhi, Santhi Om."

Post a Comment for "KATA-KATA BIJAK UCAPAN SELAMAT HARI GALUNGAN TAHUN 2022"