Ini Arti Logo Hari Lahir Pancasila 2023

post thumb


Jakarta, HanyaCoretanKami - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sudah merilis logo Hari Lahir Pancasila 2023. Dilansir Surat edaran BPIP RI, logo Hari Lahir Pancasila 2023 memiliki sejumlah arti.


Ilustrasi/Ikon Masyarakat berpegang tangan Melambangkan semangat gotong royong dan peradaban manusia


Arrow/Tanda Panah ke atas Melambangkan Pertumbuhan Global


Illustrasi Burung Garuda Mempresentasikan Simbol Negara/Pancasila, Semangat Pancasila, semangat juang bangsa indonesia


Sayap Berjumlah 5 Helai Mempresentasikan akan Nilai-Nilai Pancasila


Membentuk Lingkaran Bola Dunia sebagai wujud peradaban dunia


Tema Hari Lahir Pancasila 2023 adalah "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global." Tagline Hari Lahir Pancasila 2023 adalah adalah "Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia". Hari Lahir Pancasila 1 Juni untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan para pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia, Pancasila pada 1 Juni 1945 dalam sidang BPUPKI dilaksanakan di Gedung Cuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila), di Jalan Taman Pejambon, Jakarta Pusat.


Sesuai tema Hari Lahir Pancasila 2023, momentum nasional di Indonesia diperingati untuk mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai dasar dari Pancasila di antaranya Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan yang dapat diterapkan guna Membangun Peradaban Pertumbuhan Global.


Sementara itu, secara global beberapa kegiatan resmi berdasarkan Surat edaran Kepala BPIP RI Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Pedoman Upacara Harlah Pancasila yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2023, yaitu:


Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Monumen Nasional, Medan Merdeka, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, pada hari Kamis tanggal 1 Juni 2023 pukul 08.00 WIB.


Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 secara terpusat di Lapangan Monumen Nasional, Medan Merdeka, Jakarta Pusat, DKI Jakarta disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube BPIP, laman Facebook BPIP, Instagram BPIP, dan TV nasional.


Selain itu, BPIP mengimbau agar setiap lembaga negara, kementerian/lembaga, Tentara Nasional Indonesia, Bank Indonesia, Kejaksaan Republik Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, pemerintahan daerah, BUMN, BUMD, universitas, sekolah negeri dan swasta serta komponen masyarakat di seluruh wilayah Republik Indonesia turut memeriahkan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 melalui berbagai media publikasi cetak, elektronik, dan media sosial dengan menggunakan tema, tagline, dan logo Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023. BPIP mengajak masyarakat mengikuti jalannya Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 secara terpusat di Lapangan Monumen Nasional, Medan Merdeka, Jakarta Pusat, DKI Jakarta melalui siaran langsung di kanal Youtube BPIP, laman Facebook BPIP, Instagram BPIP, dan siaran TV nasional.


Foto: Logo Hari Lahir Pancasila.bpip.go.id

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber HanyaCoretanKami.blogspot.com

Post a Comment for "Ini Arti Logo Hari Lahir Pancasila 2023"