KATA-KATA BIJAK UCAPAN SELAMAT HARI IDUL ADHA TAHUN 2022

hanyacoretankami.blogspot.com Salah satu hari raya agama Islam selain Idul Fitri adalah hari raya Idul Adha. Kata Idul Adha berasal dari kata 'id dan 'adha. 'Id berakar pada kata 'aada ya'uudu' yang artinya "menengok", "menjenguk", atau "kembali". Kata Adha bermakna 'qurban' (kurban). Disebut 'Id karena hari raya kembali berulang setiap tahun. Di Indonesia, Id kerap disamakan artinya dengan ayyada', yakni "berhari raya".


Hari Raya Idul Adha sering Idul Adha dinamai juga “Idul Nahr” yang diartikan oleh umat Islam sebagai perayaan penyembelihan, yakni menyembelih hewan kurban. Perayaan ini juga dimaknai sebagai momentum pengingat sejarah pengorbanan Nabi Ibrahim a.s. Dimana Nabi Ibrahim melakukan sesuatu yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, yakni keikhlasannya mengorbankan anaknya, Ismail atas perintah Allah.


Sebagai imbalan keikhlasan mereka, Allah mencukupkan dengan penyembelihan seekor kambing sebagai korban, sebagaimana diterangkan dalam Al-Qur’an surat As-Saffat ayat 107-110:


وَفَدَيْنَاهُ بِذِبْحٍ عَظِيمٍ


“Dan kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.”


وَتَرَكْنَا عَلَيْهِ فِي الْآخِرِينَ


“Kami abadikan untuk Ibrahim (pujian yang baik) dikalangan orang-orang yang datang kemudian.”


سَلَامٌ عَلَى إِبْرَاهِيمَ


“Yaitu kesejahteraan semoga dilimpahkan kepada Nabi Ibrahim.”


كَذَلِكَ نَجْزِي الْمُحْسِنِينَ


“Demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.”


Hari Raya Idul Adha jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah Tahun Hijriah (Kalender Islam).


Hari raya ini diperingati dengan cara takbir dimalam hari jelang perayaan, malaksanakan Salat Ied, menyembelih hewan kurban, dan berbagi dagingnya kepada yang membutuhkan.


Untuk menambah semaraknya Hari raya Idul Adha 1443H di tahun 2022 ini marilah kita berbagi kebahagiaan dengan cara memberikan kata-kata atau ucapan selamat hari IdulAdha kepada teman yang merayakannya. Berikut ini merupakan kata-kata mutiara ucapan selamat hari raya Idul Adha dikutip dari berbagai sumber.


1. "hanyacoretankami dan keluarga mengucapkan Selamat merayakan hari raya Idul Adha untuk seluruh sahabat umat beragama Islam. Semoga apa yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail menjadi bahan bakar terbaik untuk menaikan ketakwaan kita kepada Allah."


2. "Selamat merayakan hari raya Idul Adha untuk seluruh sahabat umat beragama Islam seluruh Indonesia. Semoga perjalanan hidup kita semua dilimpahkan keselamatan dan keberkahan oleh Allah Swt.


3. "Daging-daging unta (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik. - Al-Qur'an Surat Al-Hajj Ayat 37"

https://hanyacoretankami.blogspot.com/
Gambar: Kartu Ucapan Selamat Hari Idul Adha


4. "Kesabaran dan ketakwaan Nabi Ibrahim adalah ketakwaan yang tak diragukan lagi.
Memang orang yang sabar itu akan dapatat mencapai keridhaan Allah.
Karena itu dalam Al-quran surat Mu'minun ayat 111 mengatakan 'Sesungguhnya Aku memberi balasan kepada mereka di hari ini, karena kesabaran mereka; sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang menang'".


5. "Berbuat baiklah kepada sesama karena berbuat baik bisa dilakukan tidak hanya pada lebaran haji melalui hewan qurban sajan namun bisa dilakukan setiap hari, karena dengan demikianlah Allah memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Selamat Merayakan Hari Idul Adha."


6. "Mari berbagi melalui hewan Kurban dengan penuh keikhlasan tanpa perbuatan ria (sombong). Kami mengucapkan Selamat Hari raya Idul Adha 2022"


7. "Kesejahteraan semoga dilimpahkan kepada Nabi Ibrahim
Yuk berbagi kebahagiaan berlimpah di Idul Adha"





8. "Sebagai hamba Allah, teruslah berlomba-lomba dalam berbuat baik dan tingkatkan ketakwaan dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Karena itulah makna sesungguhnya dari hari raya Idul Adha."


9. "Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Saya dan pasangan mengucapkan Selamat Hari Raya Lebaran 1443 Hijriah atau Idul Adha 2022. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh."

Post a Comment for "KATA-KATA BIJAK UCAPAN SELAMAT HARI IDUL ADHA TAHUN 2022"