HARI DONOR DARAH SEDUNIA 2019: SEJARAH, TUJUAN, KATA DAN TEMA YANG DIGUNAKAN DARI MASA KE MASA

HANYACORETANKAMI, KATA | PUISI | PANTUN TERBARU – Setiap tanggal 14 Juni, masyarakat dunia memperingati Hari Donor Darah atau bahasa Inggris: World Blood Donor Day yang bertujuan sebagai upaya mengkampanyekan juga meningkatkan kesadaran akan kebutuhan darah serta produk darah yang aman dan ucapan terima kasih kepada pendonor darah atas hadiah darah yang menyelamatkan jiwa.

Hari Donor Darah tahun ini adalah acara yang diperingati di seluruh dunia dengan tema: Safe blood for all atau dalam adopsi nasional menjadi “Darah Aman Untuk Semua”.

Peringatan Hari Donor Darah secara resmi diumumkan sebagai hari besar dunia pertama kali diprakarsai dan ditetapkan untuk dirayakan setiap tahun pada tanggal 14 Juni oleh “Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Federasi Internasional Palang Merah dan Masyarakat Bulan Sabit Merah” pada tahun 2004. Hari Donor Darah Sedunia (HDDS) secara resmi didirikan oleh WHO dengan 192 organisasi. Negara-negara Anggota pada bulan Mei 2005 di Majelis Kesehatan Dunia ke-58 untuk memotivasi semua negara di seluruh dunia untuk berterima kasih kepada para donor darah atas langkah mereka yang berharga, mempromosikan sumbangan darah sukarela, aman dan tidak dibayar untuk memastikan kecukupan pasokan darah.

Dalam organisasi itu WHO bersama anggotanya, termasuk Indonesia sepakat memilih tanggal 14 Juni sebagai Hari peringatan Donor Darah Sedunia dan mulai diperingati sejak tahun 2004.

Setiap tahunnya, Hari Donor Darah diperingati dengan tema khusus yang di gunakan secara bersama-sama di seluruh dunia sejak acara ditetapkan, yakni pada tanggal 14 Juni 2004.

Sebagai informasi, berikut tema peringatan Hari Donor Darah Dunia tahun 2004-2019 yang dirangkum situs kata-kata quotes puisi pentun terbaru dari laman who.int.

Tema peringatan peringatan Hari Donor Darah Dunia (World Blood Donor Day) 2004-2019:

2004 : “Blood Saves Lives. Safe Blood Starts With Me” (Darah Menyelamatkan Nyawa. Darah Aman Mulai Dengan Saya)

2005 : Celebrating your gift of blood” (Rayakan hadiah darah Anda)

2006 : “Commitment to Ensure Universal Access to Safe Blood” (Komitmen untuk Memastikan Akses Universal ke Darah Aman)

2007 : “Safe Blood for Safe Motherhood” (Memberikan darah secara teratur)

2008 : “Giving blood regularly”.

2009 : “achieving 100 per cent non-remunerated donation of blood and blood components” (mencapai 100 persen sumbangan darah dan komponen darah yang tidak dibayar)

2010 : “New Blood for the World” (Darah Baru untuk Dunia)

2011 :  “More blood, more life” (Lebih banyak darah, lebih banyak kehidupan)

2012 :  "Every blood donor is a hero”(Setiap Pendonor darah adalah pahlawan)

2013 : Give the gift of life: Donate blood (Berikan hadiah hidup: Donasi darah)

2014 : “Safe blood for saving mothers” (Darah aman untuk menyelamatkan ibu)

2015 :  “Thank you for saving my life” (Terima kasih telah menyelamatkan hidupku)

2016 : “Blood Connects us All” (Darah Menghubungkan Kita Semua)

2017 : “Give blood. Give now. Give often”(Berikan darah. Berikan sekarang. Sering memberi)

2018 : “Blood Connects us All” (Darah Menghubungkan Kita Semua)

2019 : "Safe blood for all" (Darah Aman Untuk Semua)

Peringatan Hari Donor Darah atau World Blood Donor Day diperingati setiap 14 Juni.

HARI DONOR DARAH SEDUNIA 2019: SEJARAH, TUJUAN, KATA DAN TEMA YANG DIGUNAKAN DARI MASA KE MASA
Gambar Poster untuk kata-kata mutiara ucapan selamat hari donor darah sedunia 2019




FOKUS KAMPANYE TAHUN INI

Tema kampanye tahun ini adalah donor darah dan akses universal ke transfusi darah yang aman, sebagai komponen untuk mencapai cakupan kesehatan universal. WHO telah mengembangkan slogan "Darah Aman untuk Semua" untuk meningkatkan kesadaran akan kebutuhan universal akan darah yang aman dalam pemberian perawatan kesehatan dan peran penting yang dimainkan oleh sumbangan sukarela dalam mencapai tujuan cakupan kesehatan universal. Tema ini sangat mendorong lebih banyak orang di seluruh dunia untuk menjadi donor darah dan menyumbangkan darah secara teratur - tindakan yang merupakan kunci untuk membangun fondasi yang kuat untuk suplai darah nasional yang berkelanjutan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan semua pasien yang membutuhkan transfusi.

Hari dan temanya juga merupakan seruan untuk bertindak kepada semua pemerintah, otoritas kesehatan nasional, dan layanan darah nasional untuk menyediakan sumber daya yang memadai dan membangun sistem dan infrastruktur untuk meningkatkan pengumpulan darah dari donor darah sukarela, reguler, dan tidak dibayar; untuk memberikan perawatan donor yang berkualitas; untuk mempromosikan dan menerapkan penggunaan klinis darah yang tepat, dan untuk mengatur sistem untuk pengawasan dan pengamatan pada seluruh rantai transfusi darah.


KATA MUTIARA TENTANG QUOTES DONOR HARI SEDUNIA

“Saya telah terlibat dengan donor darah sejak 1980-an karena ada kebutuhan kritis”. - Donna Reed

“Saya berutang hidup kepada donor darah. Saya selamanya berterima kasih kepada orang-orang yang menyumbang ". - Niki Taylor

“Tujuan saya adalah menyebarkan berita tentang perlunya lebih banyak donor darah”. - Niki Taylor



KESIMPULAN HARI DONOR DARAH SEDUNIA 2019: SEJARAH, TUJUAN, KATA DAN TEMA YANG DIGUNAKAN DARI MASA KE MASA

Hari Donor Darah Sedunia diperingati untuk memenuhi kebutuhan transfusi darah dan transfusi produk darah kepada orang yang dibutuhkan di mana pun di dunia. Kampanye ini menyelamatkan lebih dari jutaan nyawa setiap tahun dan memberikan senyum alami pada wajah penerima darah. Transfusi darah membantu pasien yang menderita berbagai kondisi kesehatan yang mengancam jiwa dan merangsang mereka untuk hidup lebih lama dan berkualitas. Ini memecahkan banyak prosedur medis dan bedah yang kompleks di seluruh dunia. Kampanye ini memainkan peran besar yang menyelamatkan jiwa untuk merawat para wanita selama pra dan pasca kehamilan.

Perayaan Hari Donor Darah Dunia 2013 diselenggarakan oleh Prancis “melalui layanan darah nasionalnya, Establishment Français du Sang (EFS)”. Prancis terlibat dalam tindakan promosi donor darah sukarela dan tidak dibayar sejak 1950-an. Slogan perayaan tahun 2013 adalah "Berikan hadiah hidup: donor darah" ketika merayakan ulang tahun ke 10 yang memfokuskan nilai sumbangan darah kepada pasien.

Darah yang disumbangkan digunakan untuk menyelamatkan nyawa wanita yang menderita anemia berat, anak-anak yang mengalami anemia, korban kecelakaan yang mengalami kehilangan darah berlebih, pasien bedah, pasien kanker, pasien thalassaemia, orang yang menderita hemofilia, anemia sel sabit, kelainan darah, gangguan pembekuan darah, dan banyak lagi .

Tempat-tempat tanpa pasokan darah yang memadai menghadapi banyak tantangan yang mengancam jiwa selama pengaturan darah yang cukup untuk sumbangan yang tepat. Pasokan darah yang mencukupi dan produk-produknya hanya dapat dipenuhi oleh sumbangan rutin dan aman oleh donor darah yang termotivasi secara sukarela, sukarela dan tidak dibayar. Beberapa tujuan peringatan atau perayaan Hari Donor Darah Sedunia adalah:
  • Menurut statistik, telah dicatat bahwa hanya 62 negara mendapatkan pasokan darah yang cukup dari donor darah sukarela dan tidak dibayar sedangkan 40 negara masih bergantung pada donor darah pada anggota keluarga pasien atau donor yang dibayar. Dirayakan untuk memotivasi donor darah sukarela di seluruh negara di dunia.
  • Untuk membuat donor darah bertindak sebagai hadiah berharga bagi para penerima dan dapatkan kehidupan baru.
  • WHO menjalankan kampanye ini dengan mengatur banyak kegiatan di semua negara yang menyoroti kisah orang-orang yang membutuhkan donor darah segera untuk melanjutkan detak jantung mereka.
  • Diperingati untuk mengucapkan banyak terima kasih kepada sukarelawan para pendonor darah dan tidak dibayar di seluruh dunia karena menyelamatkan jutaan nyawa.
  • Diperingati untuk memenuhi 100% kebutuhan donor darah sukarela dan tidak dibayar di seluruh dunia.
  • Dirayakan untuk memotivasi donor darah untuk donor darah yang aman untuk menyelamatkan kehidupan ibu dan bayi (masa depan negara).
  • Diperingati untuk mengurangi angka kematian (angka kematian) karena pasokan darah yang tidak mencukupi. Sekitar 800 wanita meninggal karena kehamilan kurang gizi, komplikasi terkait persalinan, perdarahan hebat selama atau setelah melahirkan dan lain-lain.
  • Untuk memotivasi donor darah sukarela melalui program dan kampanye pendidikan untuk memperkuat layanan transfusi darah.


Post a Comment for "HARI DONOR DARAH SEDUNIA 2019: SEJARAH, TUJUAN, KATA DAN TEMA YANG DIGUNAKAN DARI MASA KE MASA"