UCAPAN DAN PANTUN SELAMAT HARI ANAK-ANAK YANG TERBAIK

Selamat Hari Anak-anak buat semua pelajar, siswa, murid, mahasiswa, generasi muda penuh inspirasi penerus bangsa, dan seluruh anak-anak Indonesia maupun dunia.


Sebagai anak-anak terbaik Indonesia atau generasi muda tentu sangat perlu mengetahui sejarah maupun makna dari momentum memperingati hari anak-anak karena ini juga bertujuan untuk pemenuhan hak serta perlindungan terhadap anak seperti kita. Oleh sebab itu sangat penting memaknai peringatan atau perayaan ini sebagai salah satu cara dalam mengkampanyekan kata-kata motivasi kepada teman, sahabat, pacar ataupun mantan terindah melalui ucapan "Selamat Hari Anak". Tentunya logo bertema ucapan selamat buat menyambut hari spesial ini tidak harus menunggu hari H-nya. Kata sambutan dalam peringatan hari anak bisa dirangkai lewat ucapan indah juga istimewa terkhusus pemuda bukan sekedar kata-kata mutiara, kata-kata motivasi semangat, quotes tanpa tema jelas karena sangat lucu apabila contoh; kata kata ucapan, puisi, pantun ataupun caption tersebut kurang mewakili aspirasi dari motivasi tujuan mengapa kita memperingati Hari Anak-anak.


Perayaan hari anak-anak adalah dirayakan dengan tanggal yang berbeda-beda di negara sedunia termasuk di Indonesia. jadi gimana sebelum membahas tentang kata-kata ucapan "Selamat Memperingati Hari Anak-anak tahun 2019". kami ulas sejarah singkatnya dahulu.


HARI ANAK-ANAK

Menurut wikipedia, Hari Anak adalah event namun diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda di berbagai tempat di seluruh dunia. Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni, sedangkan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November. Adapun Negara lainnya merayakan Hari Anak pada tanggal lainnya, tetapi tujuan dari perayaan ini sama; menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.


Di Indonesia, Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984.


Jadi Hari Anak Nasional merupakan hari sepenuhnya menjadi milik anak muda Indonesia, sehingga setiap anak di Indonesia memiliki kesempatan seluasnya buat mengembangkan juga mengekspresikan diri pada berbagai kegiatan positif. Dalam pengertian bahwa Hari Anak Nasional adalah momentum yang penting untuk menggugah keramahan dan kepedulian terhadap anak agar anak menjadi pewaris bangsa berkualitas.


Untuk mewujudkan apresiasi dan dukungan kepada anak-anak Indonesia maka peringatan HAN Tahun 2019 ini akan dilaksanakan di seluruh Indonesia dan perwakilan RI di luar negeri seru bukan?. Bahkan udah disusun buku juknis Pedoman Pelaksanaan acara kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2019 sebagai acuan pelaksanaan peringatan HAN, agar seluruh rangkaian kegiatan sampai dengan puncak acara HAN 2019 dapat berjalan secara terkoordinasi, efektif dan efisien.


Tema peringatan hari anak tanggal 23 Juli 2019 untuk puncak acara ini unik dan kreatif banget, temanya "Peran Keluarga Dalam Perlindungan Anak” dengan Sub Tema HAN 2019 adalah:

  • Perkuat peran keluarga dalam berbagai upaya untuk pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak;
  • Wujudkan pengasuhan yang berkualitas dan berbasis hak anak yang dimulai dari keluarga.

bukan hanya itu, terdapat pula slogan dan tagline : Kita Anak Indonesia, Kita Gembira! #KitaGembira.


Dari tema ini kita bisa mengkampanyekannya di media sosial seperti Update status FB, Gambar DP BBM, Caption IG, Twitter jang lupa cantumin juga hastags dan tagline #KitaGembira sebagai dukungan atas kampanye selain melalui gambar tema dan logo HAN 2019.



LOGO HARI ANAK NASIONAL TAHUN 2019

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia udah ngeluarin logo resmi untuk memperingati hari anak nasional 2019 tentunya logo tersebut memiliki makna. Penasaran dengan logo resmi tersebut, ini dia.

Gambar: Logo Hari Anak Nasional 2019



Mau tau makna Logonya? Disana menggambarkan figur anak perempuan dan anak laki-laki yang secara bersama-sama merangkai simbol nasionalisme (Bendera), intelektual dan akhlak mulia (Buku), cita-cita dan prestasi (Bintang). Semua kata-kata ini bermakna kita anak Indonesia sebagai generasi penerus atau pemuda harus memiliki nasionalisme, rasa cinta tanah air, solidaritas, kecerdasan, akhlak mulia, dan cita-cita yang tinggi.


UCAPAN SELAMAT HARI ANAK-ANAK

Salah satu cara dalam mengkampanyekan kata-kata motivasi kepada teman, sahabat, ataupun pacar terindah sebagai generasi penerus melalui media sosial seperti contoh caption Instagram, Status Facebook,Whatsapp maupun media lainnya berikut adalah kata-kata mutiara, kata-kata motivasi semangat, quotes ucapan Selamat Hari Anak-anak buat semua pelajar, siswa, murid, mahasiswa, generasi muda penuh inspirasi penerus bangsa, dan seluruh anak-anak Indonesia maupun dunia.


"Ketika saya mendekati seorang anak, dia menginspirasi saya dalam dua sentimen - kelembutan untuk apa dia dan menghormati apa yang akan terjadi."


“Jangan khawatir bahwa anak-anak tidak pernah mendengarkan Anda; khawatir mereka selalu memperhatikanmu. ” - LOUIS PASTEUR


Anak-anak adalah hadiah yang luar biasa. Mereka memiliki kapasitas yang luar biasa untuk melihat ke dalam hati hal-hal dan untuk mengekspos palsu dan bohong untuk apa mereka. - ROBERT FULGHUM


“Jika Anda adalah orang tua, buka pintu ke arah yang tidak diketahui oleh anak sehingga ia dapat menjelajah. Jangan membuatnya takut akan hal yang tidak diketahui, beri dia dukungan. " - DESMOND TUTU


"Jangan menghapus desain yang dibuat anak dalam lilin lembut kehidupan batinnya." - OSHO


"Seorang anak yang dididik adalah anak yang hilang." - MARIA MONTESSORI


“Anak-anak seperti spons; mereka menyerap semua kekuatan Anda dan membuat Anda lemas ... tetapi memberi mereka tekanan dan Anda mendapatkan semuanya kembali. " - JOHN F. KENNEDY


hanyacoretankami mengucapkan selamat hari anak-anak untuk anak mud Indonesia. Setiap anak adalah seorang seniman, masalahnya adalah bagaimana tetap menjadi seorang seniman begitu kita dewasa.


"Sangat penting bahwa ketika mendidik otak anak-anak kita, kita tidak mengabaikan untuk mendidik hati mereka." - PABLO PICASSO


"Jangan mendidik anak-anak menjadi kaya, mendidik mereka untuk bahagia, sehingga ketika mereka tumbuh dewasa, mereka akan tahu nilai sesuatu, dan bukan hanya harganya." - DALAI LAMA


“Kita tidak bisa selalu membangun masa depan untuk anak muda kita, tetapi kita bisa membangun anak muda kita untuk masa depan. hanyacoretankami mengucapkan selamat merayakan hari anak-anak dunia”


“Tidak ada tujuh keajaiban dunia di mata seorang anak. Ada tujuh juta. " - FRANKLIN D. ROOSEVELT


"Anak-anak tidak pernah pandai mendengarkan orang tua mereka, tetapi mereka tidak pernah gagal meniru mereka." - WALT STREIGHTIFF




PANTUN TERBAIK SELAMAT HARI ANAK-ANAK

Salah satu cara dalam mengkampanyekan kata-kata motivasi kepada teman, sahabat, ataupun pacar terindah sebagai generasi penerus melalui media sosial seperti contoh caption Instagram, Status Facebook,Whatsapp maupun media lainnya berikut adalah kata kata ucapan, puisi ataupun pantun Selamat Hari Anak-anak buat semua pelajar, siswa, murid, mahasiswa, generasi muda penuh inspirasi penerus bangsa, dan seluruh anak-anak Indonesia maupun dunia.

Berjalan ditengah jalan
Lihat orang kepala botak
Memberi tuntunan dan teladan
Adalah bukti sayang anak-anak


Makan buah, buah salak
Baru dipetik dibagilah rata
Tetap awasi dan ajari anak
Karena mereka calon pemimpin kit


Memancing itu dapatnya ikan
Apalagi ikannya itu Bawal
Dari hati saya ucapkan
Selamat hari anak nasional


Di bawa itik pulang petang
Dapat di rumput bilang-bilang
Melihat ibu sudah datang
Hati cemas menjadi hilang


Lebaran Makan Ketupat
Jangan Lupa dengan Dagingnya
Siapa Sering makan Coklat
Hati-Hati Rusak Giginya


Di sana gunung di sini gunung
Di tengah-tengah gunung Rajabasa
Ke sana bingung ke situ bingung
Lebih baik ke sekolah saja.
hanyacoretankami mengucapkan selamat memperingati hari anak Nasional (HAN) 23 Juli 2019



UCAPAN, PANTUN DAN PUISI SELAMAT HARI ANAK-ANAK TERBAIK KAHLIL GIBRAN

Walaupun Kahlil Gibran merupakan seorang sastrawan yang beraliran romantik. Ternyata terdapat beberapa karya Gibran yang berisi tentang kehidupan dan sangat cocok digunakan untuk puisi di hari anak-anak sedangkan pantun dan ucapan selamat HAN sebagaimana  hanyacoretankami tulis diatas. Berikut adalah karya Kahlil Gibran tentang anak-anak.

Anakmu Bukanlah Milikmu
Karya : Kahlil Gibran

Anak adalah kehidupan,
Mereka sekedar lahir melaluimu tetapi bukan berasal Darimu.
Walaupun bersamamu tetapi bukan milikmu,
Curahkan kasih sayang tetapi bukan memaksakan Pikiranmu
karena mereka Dikaruniai pikiranya sendiri

Berikan rumah untuk raganya, tetapi tidak jiwanya,
Karena jiwanya milik masa mendatang
Yang tak bisa kau datangi
Bahkan dalam mimpi sekalipun

Bisa saja mereka mirip dirimu, tetapi jangan pernah
Menuntut mereka jadi seperti sepertimu.
Sebab kehidupan itu menuju kedepan, dan
Tidak tengelam di masa lampau.

Kaulah busur,
Dan anak – anakmulah anak panah yang meluncur.
Sang Pemanah Maha Tahu sasaran bidikan keabadian.
Dia menantangmu dengan kekuasaan-Nya,
hingga anak panah itu meleset,
jauh serta cepat.

Meliuklah dengan sukacita
Dalam rentangan Sang Pemanah,sebab Dia
Mengasihi anak- anak panah yang meleset laksana kilat,
Sebaimana pula dikasihiNya busur yang mantap


Baca:



Orang tua, bagi Kahlil Gibran, hanyalah sebuah busur. Dan anak-anaknya adalah anak panah. Busur hanya bisa berarti atau bermakna jika ia melepas anak panahnya. Biarkan anak panah itu melesat mengejar target berupa mimpi dan cita-citanya.


Tuhan, menurut Kahlil Gibran, mencintai anak panah (anak-anak) yang berjalan lurus menuju targetnya, sebagaimana Tuhan juga mencintai busur (orang tua) yang selalu mendukung setiap kegiatan positif anaknya demi mencapai cita-cita yang diinginkan anaknya.


Puisi ini sangat dramatis, kontroversial, keterlaluan, sekaligus bagai bom yang meledak di telinga orang tua. Kebanyakan orang tua selalu ingin menguasai anak-anaknya sebagai miliknya yang bisa mereka atur semaunya.


Kahlil Gibran mengatakan bahwa orang tua boleh (bahkan wajib) memberikan kasih sayangnya kepada anak-anak. Namun itu bukan berarti orang tua boleh memaksakan kehendaknya kepada anak-anaknya atas nama kasih sayang. Orang tua juga tidak layak memaksakan pikirannya, karena anak-anak (sebagai manusia yang utuh) mempunyai pemikiran sendiri.


Orang tua boleh memberikan anak-anaknya rumah untuk badan mereka, tapi bukan sangkar untuk jiwa mereka. Anak-anak punya masa depan yang diimpikannya sendiri, dan orang tua tidak berhak untuk mengatur masa depan anak-anaknya itu. Bahkan sekedar niat pun tidak boleh. Mengarahkan ke jalur yang baik memang boleh, tapi bukan mengatur masa depan anak-anaknya.


Apapun yang dilakukan oleh anak semuanya telah merupakan ketetapan yang maha Kuasa. Itulah mengapa hanyacoretankami.blogspot.com mengatakan bahwa Puisi Tentang Anak berjudul "Anakmu Bukanlah Milikmu" yang ditulis Oleh Kahlil Gibran adalah sangat cocok Selamat Hari Anak-anak buat semua pelajar, siswa, murid, mahasiswa, generasi muda penuh inspirasi penerus bangsa, dan seluruh anak-anak Indonesia maupun dunia dalam rangka menyambut peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2019.

Post a Comment for "UCAPAN DAN PANTUN SELAMAT HARI ANAK-ANAK YANG TERBAIK"