UCAPAN TAHUN BARU 1441 HIJRIYAH, KIRIMKAN KATA-KATA BERTEMA MENYAMBUT MUHARRAM KALENDER ISLAM 2019/ 2020

Sudah siap menyambut awal Muharram? Menjelang hari bulan suci pasti banyak banget ucapan Kullu 'aam wa antum bi khair diterima baik di status FB, caption IG, bahkan gambar bertema kegiatan Muharram mulai dari malam pergantian tahun dalam kalender Islam (Hijriyah) atau tulisan Arab أتمنى لك سنة جديدة سعيدة! yang artinya "selamat Tahun Baru".


Dalam ajaran Islam, menyambut Tahun baru Hijriyah (Bahasa Inggris: Hijri New Year) di Tahun 2019-2020 Masehi tidak ada ajuran memperingatinya namun terdapat tradisi di dunia bahkan Indonesia yang sangat berarti terutama sebagai intropeksi buat menentukan resolusi tahun-tahun kedepan. Tahun baru Hijriah adalah perayaan terpenting dengan amalan-amalan dibulan Muharram sebagai awal dari pergantian tahun setelah bulan Dzulhijjah berakhir. Perayaan atau peringatan tahun baru Islam dimulai di hari pertama bulan pertama (bahasa Arab: Muharram) di penanggalan Islam dan tanda berakhir bulan Dzulhijjah di tanggal Hijriyah. Perlu diketahui bahwa Kalender Hijriyah adalah momentum pada tahun pertama kalender ini adalah tahun di mana terjadi peristiwa Hijrah-nya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah, yakni pada tahun 622 M. Di beberapa negara yang berpenduduk mayoritas Islam, Kalender Hijriyah juga digunakan sebagai sistem penanggalan sehari-hari. Datangnya bulan Muharram diperingati dengan Perayaan kadang-kadang ditekankan dengan upacara keagamaan yang diberikan untuk menghormati bulan suci tersebut. Sebenarnya terdapat 4 Bulan Haram dalam Islam yaitu Muharram, Rajab, Dzulqaidah, dan Zulhijah. Hal ini disebutkan dalam al-Quran: “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram." Umat Islam, melakukan beragam kegiatan mulai dari doa akhir dan awal Tahun Baru Hijriyah hingga kegiatan Muharram dengan amalan-amalannya. Hari Tahun baru Islam di Indonesia adalah hari libur nasional yang dirayakan atau diperingati, dan para profesional yang bekerja biasanya menikmati hari libur tersebut dengan menghadiri tabligh akbar, berkumpul dengan sanak saudara hingga menghadiri masjid untuk mendengarkan ceramah bertema enyambut tahun baru Islam ataupun kemulyaan tentang Muharram.


Tahun Baru Islam juga dikenal sebagai Festival Suro, di Indonesia umumnya dikatakan hari tahun Hijriyah. Ini adalah perayaan paling penting dalam kalender Islam. Dalam tradisi Islam, setiap tahun dinamai salah satu dari peristiwa bersejarah dalam perjalanan keislaman, yang ditampilkan dalam bulan Hijriyah. Berbagai kegiatan Tahun Baru Islam mengekspresikan arti yang berbeda. Misalnya, hari Peringatan Isra Mi'raj memaknai “hari bersejarah peristiwa Isra dan Miraj Nabi Muhammad SAW setiap tahun". Dalam sejarah singkat tahun baru Islam, dimulai dari tahun di mana terjadi peristiwa Hijrah-nya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah, yakni pada tahun 622 M..





TRADISI MUHARRAM (BULAN AWAL TAHUN BARU HIJRIYAH)

Selain Malam Tahun Baru, ada hari-hari penting lainnya dari berbagai festival atau perayaan untuk memperingati Muharram Tahun Baru Hijriyah di hari berbeda, termasuk:

malam suro adalah

1. 1 MUHARRAM ATAU SURO: Menyambut Dewa Kekayaan dan Kesejahteraan

Malam 1 Suro adalah tradisi masyarakat Jawa dalam menyambut tahun baru Hijriah, bulan suci sekaligus bulan Allah, yakni masyarakat Jawa Islam Kejawen yang diprakarsai Sultan Agung, Raja ketiga Mataram. Tradisi di Jawa, Kegiatan Suroan diisi dengan acara selametan (kenduri) massal serta mengadakan pertunjukan Wayang Kulit semalam suntuk setiap tanggal tujuh Suro.

2. PAWAI OBOR

Malam pergantian Hari Tahun ini juga terdapat tradisi unik lain di sejumlah daerah di Indonesia yaitu pawai obor umumnya mengangkat tema ukhuawah Islamiyah yang dilanjut dengan doa akhir dan awal tahun baru Hijriyah. Semua jenis obor dinyalakan di bawa sepanjang jalan dan seringkali puisi dan shalawatan sering ditulis untuk kata-kata bijaksana harapan.


AMALAN MUHARRAM TAHUN ISLAM (TAHUN BARU HIJRIYAH)

1. Memperbanyak puasa selama bulan Muharram

Bulan suci Muharram terdapat puasa sunnah seperti puasa hari Asyura, Berpuasa Tasu’a (puasa tanggal 9 Muharram)


2. Membaca doa akhir tahun

Pembacaan doa akhir tahun ini hendaknya dibaca sebanyak tiga kali pada akhir waktu Ashar tanggal 29 atau 30 Dzulhijjah.


3. Membaca doa awal tahun

Pembacaan doa awal tahun ini hendaknya dibaca setelah melaksanakan shalat Maghrib dimana saat itulah tanggal 1 Muharram telah tiba



KATA-KATA UCAPAN SELAMAT TAHUN BARU HIJRIYAH - ISLAMIC NEW YEAR 2019 1441 HIJRI

Berikut ini Kumpulan Kata-Kata Ucapan Selamat Tahun Baru Islam atau Hijri New Year 2019 (1441 H) yang bisa dibagikan untuk teman, mantan, kekasih, sanak saudara, sampai rekan rekan kerja.

Yang paling sederhana adalah, tentu saja, Selamat Tahun Baru: Happy Islamic New Year (dalam bahasa Inggris)

Tetapi jika Anda ingin belajar, "Selamat Tahun Baru" dalam bahasa Arab diucapkan: أتمنى لك سنة جديدة سعيدة!
  • New Year’s Day : عيد راس السنة ʿīd raās al-sanah - artinya hari tahun baru dalam bahasa Arab.
  • New Year’s Holiday عطلة رأس السنة ʿiṭlaẗu raʾsi al-ssanah - maknanay Festival hari libur tahun baru dalam Bahasa Arab dan Inggris.

Anda juga dapat mengatakan New Year’s Eve - ليلة رأس السنة - laīlaẗu raʾsi al-ssanah, yang menggunakan cara yang lebih formal untuk mengatakan sambutan malam tahun baru awal bulan muharram dan akhir Dzulhijjah.Catatan: tulisan contoh kalimat ini hanyalah kumpulan pembelajaran dalam belajar bahasa Arab dan bukan terdapat sebagai anjuran karena Islam tidak menganjurkan perayaan tahun baru

UCAPAN TAHUN BARU 1441 HIJRIYAH, KIRIMKAN KATA-KATA BERTEMA MENYAMBUT MUHARRAM KALENDER ISLAM 2019/ 2020


Di tahun baru 2019 ini beberapa kata-kata bertema sambutan di bulan Muharram 2019- 2020 untuk Ucapan Selamat Tahun Baru 1441 Hijriyah buat diberikan untuk teman, keluarga, sahabat, pacar hingga orang tersayang yang memperingati atau merayakannya.Berikut adalah kumpulan kata-kata selamat untuk ucapan di Tahun Baru kalender Islam (Hijriyah) yang singkat namun bermakna.


Islam menjadikan kehidupan lebih indah Tutur kata memaknai setiap kebersamaan begitu juga Islam mengajarkan sikap toleransi Berkah Islam Berkah keselamatan Selamat memperingati tahun baru 2019 dan 2020 Masehi untuk 1 Muharram 1441 Hijriah Tarikh Islam.


Membara cahaya keberkahan dalam kebahagiaan bagi setiap umat Islam yang menebalkan imannya


hanyacoretankami mengucapkan selamat memperingati tahun baru 1 Muharram 1441 Hijriah untuk sahabat muslim yang merayakannya. Jadikan Tahun baru 2019/2020 sebagai awal dari kesadaran memperkuat silaturahmi, karena itu merupakan arti sesungguhnya dari memperingatinya.


Tiada tema-tema terindah dalam suatu acara Kecuali tema kehidupan untuk mengharapkan ridho Dalam kata2 maaf terukir doa semoga tahun lalu menjadi semangat tahun ini selamat memperingati tahun baru Tarikh Islam 1 Muharram 1441 Hijriah di 2019 dan 2020


selamat memperingati tahun baru Tarikh Islam 1 Muharram 1441 Hijriah di 2019 dan 2020 Masehi. 1 Muharram mengawali tahun ini, Membawa keberkahan yang baru, Mari berlomba-lomba dalam amal kebaikan, Singkirkan iri juga dengki


Tarikh Islam telah berakhir
bulan Dzulhijjah meninggalkan kita
kini saatnya menyambut pergantian malam pada bulan Muharram.
Perbanyak amalan-amalan penting bagi umat Islam
dalam menyambut Tahun Baru Hijrayah namun sebelum mengawali tahun hanyacoretankami mengucapkan selamat datang "marhaban Yaa Muharram."


Sebuah perjalanan sejarah pasti akan berakhir;
Begitu juga dengan tahun;
Jika tidak dimaafkan sebaik-baiknya Hidup manusia akan sia-sia tanpa makna
Mari mulai perbaiki di akhir dan awal dengan ridha Illah supaya mendapat pahala
Marhaban ya Syahru Muharram 1441H/ 2019-2020
Kullu 'aam wa antum bi khair

Post a Comment for "UCAPAN TAHUN BARU 1441 HIJRIYAH, KIRIMKAN KATA-KATA BERTEMA MENYAMBUT MUHARRAM KALENDER ISLAM 2019/ 2020"