HARI DOA SEDUNIA DIRAYAKAN SETIAP TAHUN PADA HARI JUMAT PERTAMA DI BULAN MARET

hanyacoretankami.blogspot.com - Topic Hari Doa Sedunia (HDS) dalam bahasa Inggris - World Day of Prayer - WDP download logo tahun 2020.

https://hanyacoretankami.blogspot.com/
Gambar: Logo untuk perayaan hari doa sedunia




ORANG-ORANG DI SELURUH DUNIA BERSATU DALAM DOA

Sejarah Internasional mengakui bahwa doa dan tindakan berjalan seiring adalah tentang Hari Doa Sedunia. Perencanaan untuk Hari Doa Sedunia di tingkat nasional dan global sedang berjalan lancar. HDS tahun ini adalah jatuh pada tanggal 6 Maret 2020. Hari yang sangat istimewa ini dirayakan pada hari Jumat pertama di bulan Maret setiap tahun. Menurut catatan sejarah, Hari Doa ini adalah gerakan wanita Kristen sedunia yang dimulai di Amerika Serikat dan Kanada pada abad ke-19 dan menjadi seluruh dunia pada tahun 1927. Semboyan yang terus berlanjut untuk hari yang sangat istimewa ini adalah "Doa yang Diinformasikan dan Tindakan Doa." Saatnya memulai perencanaan lokal Anda jika Anda belum melakukannya.


Hari ini tidak lagi dirayakan hanya oleh wanita; banyak pria dan anak-anak ikut serta. Setiap tahun pada hari ini, orang-orang Kristen dari berbagai budaya, tradisi, dan ras di lebih dari 170 negara di seluruh dunia termasuk Indonesia bersatu dalam doa. Tentu saja, semua orang selalu disambut dan didorong untuk berpartisipasi.


Materi program untuk tahun 2020 sedang dirancang oleh para wanita Zimbabwe. Tema untuk tahun 2020 adalah "Rise! Take Your Mat and Walk" yang artinya: "BANGUNLAH, ANGKATLAH TILAMMU DAN BERJALANLAH" -Yohanes 5: 2-9a. Masukkan HDS 2020 di kalender gereja dan / atau komunitas Anda sekarang. Materi program harus dipesan melalui situs web HDS di tautan resmi https://worlddayofprayer.net/zimbabwe-2020.html.


https://hanyacoretankami.blogspot.com/
Gambar: persatuan seluruh dunia



APA YANG TERJADI PADA HARI DOA SEDUNIA?

Pada Hari Doa Sedunia, orang-orang di seluruh dunia akan bersatu untuk:
  • menegaskan keyakinan dan iman mereka kepada Kristus;
  • diperkaya oleh pengalaman orang-orang Kristen lainnya, negara mereka, dan budaya mereka;
  • berdoa untuk dan / atau dengan orang lain untuk beban orang lain;
  • menjadi lebih sadar akan bakat mereka sendiri dan didorong untuk menggunakannya dalam pelayanan Kristen;
  • mengembangkan kesadaran dunia secara keseluruhan, dan untuk memahami dan menghargai bahwa Tuhan mencintai semua orang di mana pun.
https://hanyacoretankami.blogspot.com/
Gambar: Tangan di seluruh dunia bersatu dalam doa


TAUTAN KE BEBERAPA INFORMASI YANG MUNGKIN ANDA BUTUHKAN

Di situs web untuk Komite Internasional HDS, Anda akan menemukan tautan dan alamat web untuk semua Komite Nasional untuk Hari Doa Sedunia. Di situs itu, Komite Nasional dikelompokkan berdasarkan bahasa; misalnya, semua negara berbahasa Inggris terdaftar bersama, semua negara berbahasa Spanyol terdaftar bersama, dll.

https://hanyacoretankami.blogspot.com/
Gambar: tangan berdoa



RENCANAKAN SATU GEREJA UNTUK PERAYAAN HARI DOA SEDUNIA

Mengutip Tata Ibadah Hari Doa Sedunia 2020 dari serat edaran Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) tentang tata ibadah HDS tahun 2020, mengatakan bahwa Pengorganisasian HDS di Indonesia dimulai di Kota Malang, Jawa Timur. Nona Christien Slotemaker de Bruine (perempuan Belanda) dan Ibu Kartini Bezoen (perempuan Indonesia) yang mengorganisir perayaan HDS pada tahun 1950.


Tahun 1957 Dewan Gereja-Gereja di Indonesia membentuk Panitia Pusat HDS Indonesia diketuai oleh Pdt. Ny. M. Dharma-Angkuw, S. Th. Dan seterusnya Departemen Pembinaan dan Pendidikan (Bindik) DGI. Pada tahun 1984 tanggung jawab HDS diserahkan pada Biro Pelayanan Wanita PGI karena perubahan struktur baru DGI menjadi Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI). Perayaan HDS di Indonesia dirayakan oleh JemaatJemaat, selain dari Gereja Anggota PGI, juga dirayakan oleh Gereja Katolik, Gereja Baptis, Gereja Pentakosta, Gereja Advent. Pada tahun 2014 PGI mengadakan perubahan struktur dari Biro Pelayanan Wanita PGI menjadi Departemen Perempuan dan Anak PGI yang otomatis menjadi penanggung jawab pengorganisasian HDS di Indonesia.


Beberapa tahun belakangan Tim HDS Intenasional juga telah menyiapkan tata ibadah HDS untuk anak-anak. Bidang/Pelayanan Anak di Gereja-Gereja dan Sekolah di Indonesia juga telah melaksanakan Ibadah HDS Anak tersebut setiap tahun, sama seperti ibadah HDS Dewasa. Namun, masih belum semua pelayanan anak di gereja-gereja telah melaksanakan ibadah tersebut. Semoga ke depan semakin banyak gereja-gereja dan persekutuan Kristen yang melakukan rencana ibadah dan perayaan HDS (Hari Doa Sedunia).

https://hanyacoretankami.blogspot.com/
Gambar: bunga Dogwoods biasanya mekar di sekitar paskah



SATU KETAATAN KOTA TERHADAP HDS

Baru-baru ini penulis hanyacoretankami.blogspot.com belajar dari seorang teman tentang ketaatan HDS di kotanya yang dulu. Tampaknya seluruh kota bergabung bersama, semua gereja dari berbagai denominasi, balai kota, dll. Itu adalah acara sepanjang hari dengan pembicara, bernyanyi, dan tentu saja, makanan, banyak makanan. Sungguh cara yang luar biasa untuk menyatukan orang. hanyacoretankami terinspirasi dari mereka. Lebih banyak kota dan negara harus melakukan tradisi Hari Doa Sedunia seperti ini. Ini bisa menjadikannya kehidupan kita bermakna.

https://hanyacoretankami.blogspot.com/
Download logo gambar: Hari Doa Sedunia (HDS) di 2020


Sejarah Logo untuk Hari Doa Sedunia

Logo unik yang indah ini diciptakan oleh para wanita Irlandia, dan diadopsi sebagai simbol internasional untuk Hari Doa Sedunia pada tahun 1982. Ini adalah desain dengan simbol-simbol yang bermakna bagi banyak budaya yang ditumpangkan satu sama lain. Beberapa dari simbol-simbol itu adalah lingkaran dan salib Celtic, panah dari utara, selatan, timur, dan barat berkumpul seolah-olah menuju pusat kompas, dan orang-orang yang berlutut dalam doa, semuanya ditumpangkan di sebuah bola dunia. Simbol-simbol ini secara bersamaan menunjukkan kesatuan dan keragaman.


Tanggal tahun Depan, Negara Fokus, dan Tema Program hingga 2026:
  • Tahun 2020 - Zimbabwe: Rise, Take up your Mat, and Walk
  • Tahun 2021 - Vanuatu: Build on a Strong Foundation
  • Tahun 2022 - England, Wales, and Northern Ireland: I Know the Plans I Have for You
  • Tahun 2023 - Taiwan: I Have Heard About Your Faith
  • Tahun 2024 - Palestine: I Beg You…. Bear With One Another in Love
  • Tahun 2025 - Cook Islands: I Made You Wonderful
  • Tahun 2026 - Nigeria: I Will Give You Rest: Come



Selain gambar: Ketahui informasi tata ibadah TATA IBADAH HDS 2020 dari Petunjuk PGI sebagai pedoman tata cara pelaksanaan perayaan atau peringatan.


TATA IBADAH PADA HARI DOA SEDUNIA DIRAYAKAN PADA 2020

Saat Teduh sebelum Ibadah
Prosesi masuk saat Jemaat menyanyikan: Kami Puji dengan Riang
(Joyful, Joyful We Adore Thee)


Kami puji dengan riang Dikau, Allah yang besar;
Bagai bunga t'rima siang, hati kami pun mekar.
Kabut dosa dan derita, kebimbangan, t'lah lenyap.
Sumber suka yang abadi, b'ri sinarMu menyerap.


Kau memb'ri, Kau mengampuni, kau limpahkan rahmatMu
Sumber air hidup ria, lautan kasih dan restu.
Yang mau hidup dalam kasih Kau jadikan milikMu
Agar kami menyayangi, meneladan kasihMu.


Semuanya yang Kaucipta memantulkan sinarMu.
Para malak, tata surya naikkan puji bagiMu
Padang, hutan dan samud'ra, bukit, gunung dan lembah,
Margasatwa bergembira 'ngajak kami pun serta.


Mari kita pun memuji dengan suara menggegap,
menyanyikan kuasa kasih yang teguh serta tetap.
Kita maju dan bernyanyi, jaya walau diserang,
Ikut mengagungkan kasih dalam lagu pemenang.


Pemimpin 1: Selamat Datang dan Salam. Perempuan dari Komite Hari Doa Sedunia Zimbabwe mengundang saudara dalam perayaan ini. Hari Doa Sedunia dirayakan di seluruh Zimbabwe oleh banyak gereja, universitas, organisasi dan sekolah Kristen.


Orang-orang dari tanah Zimbabwe menyambut saudara. Zimbabwe berarti rumah batu. Kami menyambut saudara dalam bahasa orang-orang Shona - Kwaziwai! dan dalam bahasa orang-orang Ndebele - Salibonani! (sah-libo-NA-nee). Dalam bahasa Inggris, kita semua mengatakan hello. Mari kita saling menyapa dengan mengatakan sah-li-bo-NA-nee. (Berikan waktu singkat untuk salam).


DOA PUJIAN:

Pemimpin 1: Tuhan perdamaian dan kebebasan, kami menyambutMu di tengah-tengah kami. Pemimpin 2: Kami memujiMu untuk kasih yang melampaui semua pengertian.
Pemimpin 3: Kami memujiMu untuk siapa kehadiranMu sekarang dan selamanya.
Jemaat: Engkau adalah Tuhan yang mengagumkan


Pemimpin 1: Tuhan Pencipta, kami memuji Engkau atas sumber daya alam yang harus kami pelihara, seperti tumbuh-tumbuhan, mineral, hewan besar, air terjun, dan hutan Zimbabwe.
Jemaat: Engkau adalah Tuhan Pemurah


Pemimpin 2: Yesus, kami memuji Engkau atas karunia yang sangat berharga, martabat kehidupan manusia, cinta satu sama lain, dan untuk keramahan orang-orang pekerja keras Zimbabwe.
Jemaat: Engkau adalah Roti kehidupan.


Pemimpin 3: Roh Kudus, kami memuji Engkau karena memampukan kami untuk berkumpul dalam ibadah di Zimbabwe dan di seluruh dunia.
Jemaat: Engkau adalah Roh kebenaran untuk menyatukan kami dalam doa dan perbuatan.


PUJIAN/PADUAN SUARA:

DOA PENGAKUAN

Pemimpin 1: Tuhan yang Maha Pemurah, kami datang di hadapanMu sebagai bangsa, mengakui bahwa kami membutuhkan perubahan.
Pemimpin 2: Kami telah berdosa terhadap Engkau dan saudarasaudari kami melalui kata-kata dan tindakan lalai kami
Pemimpin 3: Kami tidak mematuhi Engkau dan melakukan hal-hal yang seharusnya tidak kami lakukan

Jemaat: Kami mengakui kesalahan kami dan memohon Engkau untuk mengubah kami. Dengan pengampunanMu, dalam rahmatMu, dengarkan doa kami.


Pemimpin 2: Kami melihat perempuan dan anak-anak menderita karena kemiskinan, kelaparan dan kekerasan.
Jemaat: Berilah kami belas kasih untuk membantu mereka yang menderita.


Pemimpin 1: Ada kekurangan integritas dalam hidup kami. Kami gagal mencintai dan menyatukan mereka yang terpecah karena alasan etnis, bahasa, atau pandangan politik.
Jemaat: Maafkan kami, dan pulihkan hati dan pikiran kami.


Pemimpin 3: Yesus bertanya kepada saudara, "Apakah Anda ingin disembuhkan?"
Jemaat: Kami menggunakan begitu banyak alasan untuk menghindari perubahan. Kasihanilah kami dan topang kami dalam pencarian untuk penyembuhan dan pengampunan. Dalam rahmatMu, dengarkan kami.


Pemimpin 2: Marilah kita hening sejenak dalam pengakuan dosa pribadi (Saat hening singkat.) Pemimpin 2: “Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. Berbahagialah orang-orang yang berpegang pada hukum, yang melakukan keadilan di segala waktu! Mazmur 106: 1, 3.


PADUAN SUARA:

SURAT DARI ZIMBABWE (dibacakan oleh 8 orang)
Teman-teman, pejuang keadilan, mari kita renungkan dan tempatkan di hadapan Tuhan kisah-kisah di dunia ini. Orang-orang kami beragam dan memiliki sejarah panjang. Dari Kerajaan Zimbabwe termasyhur hingga hari ini, ada banyak cerita untuk diceritakan. Kami telah berjuang untuk kemerdekaan dari kekuasaan kolonial, kemudian untuk pembentukan pemerintahan nasional yang dipimpin oleh para pemimpin mayoritas penduduk.


Meluangkan waktu dari hari Anda, terutama pagi hari Anda, mengobrol dengan Tuhan, dan terutama mendengarkan, hanya mendengarkan, dapat mengubah seluruh hari Anda. Anda akan menemukan bahwa itu dapat mengubah sikap Anda, dan bahwa hari Anda akan berjalan lebih lancar karena Anda memulai dengan nada positif.


Namun, kami menghadapi kekerasan politik selama pemilihan nasional terakhir. Upaya membawa semua pihak ke dalam proses kebenaran dan rekonsiliasi membutuhkan waktu lebih lama dari yang diharapkan kebanyakan orang. Trauma yang ditimbulkan oleh konflik bersenjata masih mempengaruhi masyarakat Zimbabwe.


Sejak 2017, negara ini telah melalui perubahan dalam pemerintahan. Orang-orang, organisasi ekumenis, dan gereja secara aktif meningkatkan kesadaran untuk transisi yang damai. Pemilu nasional 2018 menyaksikan sejumlah besar orang muda dan pemilih pertama kali. Dan dengan damai, kami pergi ke tempat pemungutan suara, meskipun ketegangan masih ada sesudahnya. Kami terus berdoa dan mendidik diri sendiri untuk menjadi pembangun perdamaian, dan berdiri untuk rekonsiliasi di tanah kami.


Kami menyadari bahwa ada pengangguran di komunitas kami. Kami mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan keluarga kami. Banyak rumah tangga di daerah pedesaan dikepalai oleh perempuan, yang tidak punya apa-apa untuk memberi makan keluarga mereka. Para suami telah pindah untuk mencari pekerjaan di kota-kota dan tambang, sementara para laki-laki dan perempuan muda bermigrasi untuk mencari pekerjaan di negara-negara tetangga dan di seluruh dunia. Warga Zimbabwe di diaspora juga menghadapi sentimen antimigran global, yang membuat hidup mereka lebih sulit.


Kami mendengar banyak hal buruk tentang negara kami, tetapi kami dapat mengubah ini dan bangga menjadi warga negara Zimbabwe. Kami menghargai budaya berbasis masyarakat dan keluarga kami yang erat, meskipun individualisme dan kekerasan dalam rumah tangga memengaruhi keluarga kami. Kesadaran dan lobi untuk kesetaraan gender telah meningkat, dan ada undang-undang untuk melindungi perempuan dari kekerasan berbasis jender.


Sebagian besar dengan diri mereka sendiri, perempuan merawat anakanak mereka dengan kebutuhan khusus dan disabilitas. Akses untuk sekolah untuk anak autis sangat terbatas. Di sisi lain, banyak keluarga dikepalai oleh anak-anak yang kehilangan orang tua mereka karena HIV dan AIDS.


Ada begitu banyak di antara kita yang hidup membutuhkan bantuan sosial. Kami mengharapkan peningkatan layanan sosial dan lebih banyak peluang untuk pelatihan, pendidikan, dan pembangunan ekonomi berkelanjutan.


Kami mengatakan bahwa mayoritas penduduk Zimbabwe adalah Kristen, dan kami selalu berdoa untuk integritas gereja dan negara kami. Sebagai perempuan Kristen kita ingin berbuat lebih banyak, seperti para pendahulu kita. Mereka memiliki rasa identifikasi yang kuat dengan kebutuhan perempuan dan anak-anak. Dengan rahmat Tuhan, kami bekerja keras untuk mengikuti jalan mereka.


Mulut orang benar mengucapkan hikmat, dan lidahnya berbicara adil (Mazmur 37:30).
Jemaat: Amin.


NYANYIAN: MARI MASUK/INTO MY HEART

Mari masuk
Mari masuk
Masuk hatiku ya Yesus
Datang s'karang datang tinggal
Dalam hatiku ya Yesus


Into my heart,
Into my heart,
Come into my heart, Lord Jesus.
Come in today, come in to stay,
Come into my heart, Lord Jesus.


He's in my heart,
He's in my heart,
He's in my heart, Forever.
He's here today, he's here to stay,
He's in my heart, Forever.


PELAYAN FIRMAN: RENUNGAN: YOHANES 5: 2–9a.

Yesus pergi ke Yerusalem pada saat festival orang Yahudi. Suasana kisah ini dijelaskan dengan baik dalam Yohanes 5. Ada sebuah kolam dekat Gerbang Domba tempat orang-orang dengan berbagai penyakit untuk penyembuhan. Orang-orang di tepi kolam percaya bahwa penyembuhan ada di dalam air; karenanya, orang lumpuh dalam kisah itu mengharapkan kesembuhannya dari air. Karena dia sendiri tidak mampu masuk ke dalam air yang tergoncang, dia tidak bisa melihat bagaimana dia akan disembuhkan.


Dia menunggu terbaring di tikar menunggu kesempatan berikutnya. Dia tampak seperti sendirian; dia tidak punya siapa-siapa untuk membantunya sembuh. Dia buntu dan tidak berdaya. Mungkin, itulah yang menyebabkan Yesus mengajukan pertanyaan yang mengubah hidup: "Apakah Anda ingin sembuh?"


Yesus bertindak dengan belas kasih, cinta, pengertian dan kepedulian. Yesus dalam kerendahan hatinya dapat mendengarkan orang lumpuh itu tanpa menilai alasannya. Yesus memberi orang tersebut kesempatan dan kesembuhan.


Sebelum renungan Firman Tuhan diakhiri, Pelayan Firman meminta setiap orang menuliskan komitmen pada kartu/kertas yang telah diberikan untuk mendukung aksi cinta kasih, perdamaian dan rekonsiliasi. Kartu akan dikumpulkan juga pada saat persembahan diedarkan.


NYANYIAN PERSEMBAHAN: BESAR ANUG'RAH-MU

(Dinyanyikan berulang-ulang sampai persembahan selesai)
Ku ada sebagaimana ku ada
Berdiri menghadap tahtaMu Bapa
Semua kar'na anugrahMu
Yang tlah slamatkanku


Ku hidup dalam sgala kelimpahan
Ku layak untuk melayani Tuhan
Semua kar'na anugrahMu
Tercurah bagiku


Besar anug'rahMu Berlimpah kasihMu Semakin hari, s'makin bertambah Besar anug'rahMu


DOA PERSEMBAHAN & SYAFAAT: (Doa untuk Zimbabwe)

NYAYIAN PENGUTUSAN: NKB. 210 ‘Ku Utus ‘Kau
‘Ku utus ‘kau mengabdi tanpa pamrih,
berkarya t’rus dengan hati teguh,
meski dihina dan menanggung duka;
‘Ku utus ‘kau mengabdi bagiKu.
‘Ku utus ‘kau membalut yang terluka,
menolong jiwa sarat berkeluh,
menanggung susah dan derita dunia.
‘Ku utus ‘kau berkurban bagiKu.
Coda:
Kar’na Bapa mengutusku, ‘Ku utus ‘kau


PF: BERKAT
Bapa yang ada di Sorga. Terima kasih atas penyertaan dan kelancaran kegiatan Ibadah Hari Doa Sedunia hari ini. Terima kasih telah menuntun kami dari awal rangkaian acara ibadah hingga menuju akhir, di mana setelah ini kami akan bersama-sama pulang ke rumah masing-masing. Marilah kita kembali ke kehidupan kita sehari-hari dan terimalah berkat Tuhan: Anugerah Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah dan persekutuan dari Roh Kudus menyertai kamu semua.


Terima kasih telah berkunjung. Jika Anda belum tahu tentang hari istimewa ini, penulis hanyacoretankami.blogspot.com harap Anda menganggapnya informatif dan bermanfaat. hanyacoretankami juga berharap itu telah mengilhami Anda untuk berpartisipasi dalam hari doa yang sangat penting di seluruh dunia ini.


Jangan ragu untuk meninggalkan komentar Anda dan beri tahu penulis hanyacoretankami.blogspot.com bahwa Anda mampir untuk berkunjung. penulis mendorong Anda untuk mengenali Hari Doa Sedunia dengan cara Anda sendiri atau untuk memulai (atau berpartisipasi dalam) program pengakuan di gereja Anda sendiri. Teman di hanyacoretankami.blogspot.com mengucapkan SELAMAT HARI DOA SEDUNIA 2020! Kasih karunia dan damai sejahtera bagimu!.

1 comment for "HARI DOA SEDUNIA DIRAYAKAN SETIAP TAHUN PADA HARI JUMAT PERTAMA DI BULAN MARET"