Ini Sejarah Hari Guru Nasional

Selamat Hari Guru Nasional, Sobat Hanyacoretankami!


Selamat Hari Guru Nasional, Sobat Hanyacoretankami!
Hari Guru Nasional (Logo HGN)



Hari ini, masyarakat Indonesia memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh setiap 25 November. Sejak 1994 lalu, Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan 25 November sebagai Hari Guru Nasional dan bertepatan dengan lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia.


Penetapan ini dibuat agar pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia memperingati atas dedikasi dan pengabdian yang tulus para guru dalam mengajar serta mendidik siswa guna melahirkan generasi yang unggul, cerdas, juga berprestasi.

Baca Juga: Ini Sejarah Hari Gizi Nasional

Sobat Hanyacoretankami tahu enggak sih sejarah dari Hari Guru Nasional? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

https://hanyacoretankami.blogspot.com/
Kongres Guru Indonesia (Hanyacoretankami.blogspot.com/PGRI)


Hari Guru Nasional berlatar belakang Kongres Guru Indonesia. Kongres ini diselenggarakan pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta.


Penyelenggaraan Kongres menyepakati segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama dan suku, sepakat dihapuskan.


Hasil kesepakatan Kongres Guru Indonesia, berarti Guru-guru yang aktif mengajar, pensiunan guru yang aktif berjuang, dan pegawai pendidikan Republik Indonesia yang baru dibentuk bersatu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Pada 25 November 1945, seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dari hasil Kongres, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan.


PGRI lahir berdasarkan Kongres Guru Indonesia untuk mengisi kemerdekaan dengan tiga tujuan :
  1. Mempertahankan dan menyempurnakan Republik Indonesia.
  2. Mempertinggi tingkat pendidikan dan pengajaran sesuai dengan dasar-dasar kerakyatan.
  3. Membela hak dan nasib buruh umumnya, guru pada khususnya.



Jiwa pengabdian, tekad perjuangan, dan semangat persatuan dan kesatuan PGRI yang dimiliki secara historis terus dipupuk dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam rona dan dinamika politik yang sangat dinamis, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tetap setia dalam pengabdiannya sebagai organisasi perjuangan, organisasi profesi, dan organisasi ketenagakerjaan, yang bersifat unitaristik, dan independen.


Untuk inilah, sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia Melalui Keppres Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan Hari Guru Nasional dan bertepatan dengan lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), dan diperingati setiap tahun.


#hari PGRI #hari guru #sejarah hari guru nasional #hari lahir PGRI

Post a Comment for "Ini Sejarah Hari Guru Nasional"