SEJARAH HARI KEMERDEKAAN INDONESIA 17 AGUSTUS

https://hanyacoretankami.blogspot.com/
Hari Kemerdekaan Indonesia, disingkat HUT RI merupakan salah hari bersejarah pembacaan teks Proklamasi oleh Proklamator Indonesia Ir Soekarno, yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus


Hanyacoretankami.blogspot.com - HUT RI merupakan tonggak sejarah merdekanya Bangsa Indonesia dari segala Jenis Penjajahan, yang diawali dengan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia oleh Proklamator Ir Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jl. Pegangsaan Timur no. 56 di Jakarta Pusat.


Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan bukti nyata perjuangan bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari segala bentuk penjajahan yang ada. Dengan dibacakannya teks proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia sudah merdeka dari penjajahan bangsa lainnya.


Tujuh puluh tujuh tahun berlalu sejak pembacaan teks Proklamasi tersebut, semangat dan jiwa kemerdekaan Indonesia terus dan akan terus dihidupkan. Untuk itu setiap tahun pada saat peringatan HUT RI, ditetapkan tema dan sub tema yang relevan dengan tuntutan masyarakat saat itu, terkait dengan kebangkitan semangat dan jiwa kemerdekaan serta langkah-langkah mempertahankannya.


Peringatan HUT RI ke-77 ini mengangkat tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih kuat. Tema ini mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas dan menjadi sebuah refleksi dari nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan bangsa Indonesia dalam mewujudkan harapan untuk bersama.


SEJARAH SINGKAT

Pembacaan teks Proklamasi, pada tanggal 17 Agustus Tahun 1945 merupakan kulminasi dari upaya panjang para pejuang Indonesia untuk menjadikan bangsa ini sebagai bangsa bebas dari segala bentuk penjajahan.


Dengan menyerahnya Jepang pada sekutu (15 agustus 1945), para pejuang Indonesia semakin mempersiapkan kemerdekaannya.


Singkat cerita, pada dini hari 16 Agustus 1945, Para pemuda membawa Soekarno beserta Istri, Anaknya dan Hatta ke rengasdengklok dengan tujuan agar Soekarno dan Hatta tidak terpengaruh oleh jepang.


Sementara di Jakarta, Wikana dan Mr. Ahmad Soebarjo menyetujui untuk memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia.


Atas persetujuan it, maka diutuslah Yusuf Kunto untuk menjemput Soekarno beserta Istri, Anaknya dan juga Hatta ke jakarta. Mereka dibawa ke rumah nishimura dan di bawa kembali ke rumah Laksamana Maeda untuk membuat konsep kemerdekaan.


Konsep dibuat, teks porklamasi pun disusun pada dini hari yang diketik oleh sayuti melik.


Pagi harinya 17 Agustus 1945, pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jl. Pegangsaan Timur no. 56 di Jakarta Pusat, yakni di kediaman soekarno, dibacalah teks Proklamasi tersebut pada pukul 10:00 WIB dan dikibarnya Bendera Merah Putih yang dijahit oleh Istri Soekarno, Fatmawati.


Selesai Pembacaan Proklamasi, Seluruh Rakyat Indonesia menyambut dengan gembira Kemerdekaan Indonesia tersebut.


Pembacaan teks Proklamasi, dan Pengibaran Bendera Merah Putih, menjadikan Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang bebas dari segala bentuk penjajarahan dan awal mula terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Baca: SEJARAH HARI PRAMUKA DI INDONESIA 14 AGUSTUS.

Jadi Inilah pembahasan memontum pembacaan Proklamasi 17 Agustus yang menjadi awal Hari Kemerdekaaan Indonesia (HUT RI), demikian dari hanyacoretankami.blogspot.com semoga bermanfaat!!!

Post a Comment for "SEJARAH HARI KEMERDEKAAN INDONESIA 17 AGUSTUS"