80 KATA-KATA HIJRAH DAN ISTIQOMAH UCAPAN SELAMAT TAHUN BARU ISLAM INSPIRATIF

KATA PANTUN PUISI: 80 KATA-KATA CINTA HIJRAH ISTIQOMAH DAN UCAPAN SELAMAT TAHUN BARU ISLAM INSPIRATIF

Sambut 1 Muharram sebagai malam pergantian tahun dalam kalender hijriah tentu banyak persiapan yang dilakukan oleh sebagian umat muslim yang memperingati atau merayakan tahun baru. Harapan dan doa senantiasa diucap setiap menyambut pergantian tahun. Telah menjadi tradisi sebagian orang ketika tiba akhir dan awal tahun mengamalkan bacaan doa dengan niat mendapat kehidupan lebih baik saat tiba pargantian kalender. Tradisi menyambut tahun baru Islam tentu hanyalah kebudayaan turun-temurun karena tidak terdapat anjuran mengenai ini. Kebudayaan tersebut tidak hanya dilaksanakan di Indonesia akan tetapi oleh sebagian umat Islam didunia menyesuaikan budaya tempat asal mereka. Salah satu contoh budaya ini adalah peringatan dengan mengangkat tema 1 Muharram seperti Gebyar Muharram, tabligh akbar menyambut Muharam, pawai obor, dll. Tema-tema yang diangkat dalam menyambut tahun baru tentu tidak ada larangan apalagi tujuan dari kegiatan-kegiatan ini sebagai upaya mengenalkan sejarah, menanamkan nilai-nilai agama, ajakkan kepada para sahabat, keluarga, anak, suami, isteri, untuk berhijrah meninggalkan perbuatan buruk menuju yang lebih baik bahkan anjuran Istiqomah dijalan Allah melalui tema cinta Islam. Selain ajakkan melalui kegiatan tahun baru Islam tentu peringatan hari besar Islam (PHBI) adalah kegiatan yang tepat sebagai momentum dan pesan saling mengingatkan terutama menginspirasi diri sendiri setiap hari untuk terus mencapai hijrah dan Istiqomah sebagai umat Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Oleh sebab itu, sebagai inspiratif melalui pesan Islami bermakna seruan Istiqomah hijrah dan tawakal berikut beberapa kata-kata motivasi, kata-kata Islami tahun baru satu Muharram dalam menyambut tarikh Hijriah agar kita terus mengucapkan hal baik termasuk berbuat atas keselamatan dunia akhirat dengan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.


Baca: UCAPAN TAHUN BARU 1441 HIJRIYAH, KIRIMKAN KATA-KATA BERTEMA MENYAMBUT MUHARRAM KALENDER ISLAM 2019/ 2020


KATA-KATA MOTIVASI HIJRAH DAN ISTIQOMAH

Berikut beberapa kata-kata motivasi, kata-kata Islami quotes tahun baru satu Muharram dalam menyambut tarikh Hijriah agar kita terus mengucapkan hal baik termasuk berbuat atas keselamatan dunia akhirat dengan terus mencapai niat hijrah dan Istiqomah Sambut 1 Muharram tahun baru hijriyah


Niat Semata-mata Karena Allah SWT

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;
Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah. (HR. Bukhari, Muslim, dan empat Imam Ahli Hadits)


Perbanyak Mencari Ilmu dan Sahabat Shalih

Imam Ghazali berkata;
Ilmu tanpa amal adalah gila. Dan pada masa yang sama, amalan tanpa ilmu merupakan sesuatu yang tidak akan berlaku dan sia- sia.

Ilmu sangatlah penting di dalam Islam. Karena melakukan amalan termasuk bacaan doa niat dengan tanpa ilmu, bisa menjadi salah satu penyebab amalan kita tidak diterima disisi Allah SWT.


Perbanyak Mencari Sahabat Yang Soleh

Umar bin Khathab radhiallahu anhu berkata;
Tidaklah aku mendapat nikmat yang lebih baik dari nikmat keislamanku, selain nikmat memiliki saudara (sesama muslim) yang shalih. Jika kalian mendapatkan hangatnya persahabatan dari saudaramu sesama muslim, maka peganglah erat-erat hal itu

Memperbanyak para sahabat yang memiliki amalan sholeh sangat dianjurkan dalam Islam. Karena sahabat-sahabat yang sholeh itu insya Allah akan memiliki syafaat di yaumil hisab nantinya.


Istiqomah Adalah Tujuan Akhir Hijrah

Banyak yang mengatakan bahwa berhijrah memang mudah, akan tetapi mencapai Istiqomah tidak semudah mengucapkan atau membalikkan telapak tangan. Jadi pastikan niat, tekad dan komitmen untuk mencapai tujuan akhir dari berhijrah di jalan Allah adalah ke-Istiqomahan.


Jika para sahabat, keluarga, anak, suami, maupun isteri Anda bertanya, Apa yang dimaksud dengan istiqomah itu? Secara garis besar atau singkatnya, niat dan komitmen istiqomah berarti melakukan suatu perbuatan secara terus menerus dan konsisten. Dalam hal ini, hijrah itu harus dilakukan secara konsisten selama nafas masih di kandung badan. Meskipun, kadang orang-orang yang berhijrah itu masih sering dihinggapi perasaan futur (rasa malas, enggan dalam melakukan kebaikan) dalam beribadah atau menuntut ilmu. Namun istiqomah adalah kunci dan tujuan. Ini akan memberi inspirasi untuk kita bisa bangkit lagi dan menjalankan syariat Islam seperti sebagaimana mestinya


80 UCAPAN SELAMAT TAHUN BARU ISLAM INSPIRATIF DENGAN KATA-KATA MOTIVASI HIJRAH DAN ISTIQOMAH


Istiqomah dalam Ayat Al-Quran:

Dalam bacaan bahasa Arab:

أَوْ تَقُولُوا لَوْ أَنَّا أُنْزِلَ عَلَيْنَا الْكِتَابُ لَكُنَّا أَهْدَىٰ مِنْهُمْ ۚ فَقَدْ جَاءَكُمْ بَيِّنَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ ۚ فَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنْ كَذَّبَ بِآيَاتِ اللَّهِ وَصَدَفَ عَنْهَا ۗ سَنَجْزِي الَّذِينَ يَصْدِفُونَ عَنْ آيَاتِنَا سُوءَ الْعَذَابِ بِمَا كَانُوا يَصْدِفُونَ

Artinya: Atau agar kamu (tidak) mengatakan: "Sesungguhnya jikalau kitab ini diturunkan kepada kami, tentulah kami lebih mendapat petunjuk dari mereka". Sesungguhnya telah datang kepada kamu keterangan yang nyata dari Tuhanmu, petunjuk dan rahmat. Maka siapakah yang lebih zalim daripada orang yang mendustakan ayat-ayat Allah dan berpaling daripadanya? Kelak Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang berpaling dari ayat-ayat Kami dengan siksa yang buruk, disebabkan mereka selalu berpaling. (Surat Al-An’am Ayat 157)

Dalam bacaan bahasa Arab:

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah", kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita. (Surat Al-Ahqaf Ayat 13)



Hijrah dalam Ayat Al-Quran:

Dalam bacaan bahasa Arab:

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَالَّذِينَ هَاجَرُوا وَجَاهَدُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ أُولَٰئِكَ يَرْجُونَ رَحْمَتَ اللَّهِ ۚ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(Surat Al-Baqarah Ayat 218)

Dalam bacaan bahasa Arab:

وَالَّذِينَ هَاجَرُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ ثُمَّ قُتِلُوا أَوْ مَاتُوا لَيَرْزُقَنَّهُمُ اللَّهُ رِزْقًا حَسَنًا ۚ وَإِنَّ اللَّهَ لَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Artinya: Dan orang-orang yang berhijrah di jalan Allah, kemudian mereka di bunuh atau mati, benar-benar Allah akan memberikan kepada mereka rezeki yang baik (surga). Dan sesungguhnya Allah adalah sebaik-baik pemberi rezeki.(Surat Al-Hajj Ayat 58)

80 KATA-KATA HIJRAH DAN ISTIQOMAH UCAPAN SELAMAT TAHUN BARU ISLAM INSPIRATIF

QUOTES INSPIRATIF MOTIVASI ISLAMI

Yang paling mulia diantara manusia adalah orang yang paling banyak mengingat mati dan paling siap menghadapinya dengan bekal amal shalih.

Boleh jadi Allah mengabulkan harapan kita dengan tak memberi apa yang kita inginkan karena Dia Maha Tahu bahaya yang akan menimpa dibalik keinginan kita


Semakin ingin menunjukan diri kita agar diakui, dihormati, maka semakin tertekan, tegang dan melelahkan bathin, dan biasanya makin tak disukai.


Menata Hati dengan Kelembutan Cinta.


Tak jujur adalah penjara, yang membuat diri dicekam takut terbongkar, mudah untuk berdusta, nikmat apapun tak akan ternikmati, maka jujur adalah hidup merdeka.


Hati yang bersih akan peka terhadap ilmu, apapun yang dilihat, didengar, dirasakan jadi samudera ilmu yang membuatnya kian bijak, arif dan tepat dalam menyikapi hidup ini


Yang penting bagi pimpinan bukan memaksa anggotanya menaati kepada perintahnya, tapi membuat paham apa yang terbaik yang harus dilakukannya dengan penuh kesadaran.


Sikap emosional merupakan ciri belum terampil mengendalikan diri. Bagaimana mungkin dapat mengendalikan orang lain dengan baik, bila diri sendiri kurang terkendali.


Komentar spontan kita mungkin hanya satu patah kata, tapi bisa melukai hati dan menimbulkan kebencian mendalam, oleh karena itu waspadalah walau hanya sepatah kata


Mustahil semua orang akan menyukai kita - walau kita berbuat baik semaksimal mungkin. Tak usah aneh dan kecewa, terus saja berbuat yang terbaik, karena itulah yang kembali kepada kita.


Keberanian untuk mengatakan tak tahu untuk yang tak diketahuinya jauh akan lebih menenangkan dan dihormati daripada selalu ingin kelihatan serba tahu atau sok tahu


Melawan kemarahan dengan kemarahan lebih banyak menimbulkan masalah baru. Ketenangan, kejernihan dan sikap yang terkendali, insya Allah akan lebih menjadi solusi


Hati manusia berubah-ubah, sekarang marah mungkin besok lusa sudah reda bahkan mungkin lebih sayang kepada kita, oleh karena itu jangan mendendam atau benci berkepanjangan.


Akan ada saat hati menjadi sedih dan gelisah. Jangan biarkan larut akan mencuri hidup kita, bangkitlah, sibuklah, bergaulah dengan orang yang manfaat dan banyaklah berzikir.


Berani hidup harus berani menghadapi masalah, jangan takut dan jangan gentar, hadapi dengan benar dan tawakal, karena setiap masalah sudah diukur Allah sesuai kemampuan kita.


Konflik biasanya terjadi karena saya benar dan kamu salah, berilah kesempatan hati mengatakan kita benar dan diapun boleh jadi benar, Insya Allah akan mudah cari solusi.


Adakalanya Allah memberi dengan tak mengabulkan keinginan kita, karena hanya Dia yang tahu mudharatnya bila keinginan kita terpenuhi.


Bila kita dongkol dan tak menyukai pemarah, maka berjuanglah sekuat tenaga untuk tak jadi pemarah, karena bila sama-sama pemarah maka kita sama-sama tak disukai.


Dimana ada keinginan disana ada jalan, dimana tekad kian membaja rintangan tak akan jadi penghalang, kesuksesan kian menjelang.


Kita tak memiliki apapun dan tak dimiliki siapapun selain milik Allah. Hidup di dunia hanyalah mampir sejenak, mencari bekal untuk pulang dan menanti saat maut menjemput.


Kunci sukses adalah kegigihan untuk memperbaiki diri, dan kesungguhan untuk mempersembahkan yang terbaik dari hidup ini.


Kebiasaan melemparkan kesalahan dan tanggungjawab kepada orang lain, selain akan menambah masalah, juga akan menjatuhkan kredibilitas, dan menghilangkan kepercayaan.


Orang yang sedikit pengetahuan, wawasan dan pengalaman, seperti yang terbelenggu dan dipenjara oleh keterbatasannya, hidup tak akan leluasa dan sulit untuk berbahagia.


Hidup jauh lebih indah, aman dan menyenangkan bila saling menyayangi, namun kasih sayang tak akan datang dengan diminta, kasih sayang akan datang bila kita yang memberi.


Alangkah nikmatnya jadi pemaaf, batin tenang dan lapang, urusan menjadi mudah dan tuntas, hidup bahagia dan mulia serta dicintai dan dihormati orang.


Siapapun yang merindukan sukses, maka harus bertanya pada dirinya seberapa jauh dan sungguh-sungguh untuk berjuang, karena tiada kesuksesan tanpa perjuangan.


Barangsiapa yang selalu siap dan melatih diri untuk menghadapi situasi sulit, maka dia akan menghadapi kesulitan dengan tenang dan mudah.


Kritik yang didasari kedengkian akan cenderung menyakiti, menghina, mencaci, dan hasilnya bukan perubahan melainkan kebencian dan permusuhan.


Jadikanlah kebahagiaan teman kita menjadi kebahagiaan kita. Ikutlah merasa bersyukur atas nikmat yang Allah berikan kepadanya, niscaya hidup ini lebih indah dan mulia.


Air yang lembut bisa mempersatukan bahan besi, semen, kerikil, pasir sehingga menjadi beton yang kokoh. Memang kelembutan hatilah yang akan bisa mempersatukan.


Hanya orang yang tahu batas, dan disiplin dengan bataslah yang menikmati hidup, karena orang yang tak tahu batas dan berlebihan akan menimbulkan masalah.


Pemimpin yang bijak, tak perlu kelihatan serba ahli menyelesaikan masalah, tapi justru memberi peluang anggotanya untuk kian terampil dan percaya diri dalam mengatasai masalah.


Jangan takut menjadi tua, karena pasti menua. Tapi takutlah tak menjadi dewasa, karena kedewasaan sikaplah yang menjadi jalan kebahagiaan dan kemuliaan.


Kekuatan seorang pemimpin sejati adalah kemampuan mengendalikan diri. Bagaimana mungkin memimpin orang lain dengan baik, bila memimpin diri tak sanggup.


Ingatlah seseorang akan bersegera, memprioritaskan dan bersungguh-sungguh terhadap hal yang dianggapnya penting dan menguntungkan bagi dirinya, tapi tak melakukan untuk yang sebaliknya.


Tak perlu menjawab penghinaan dengan penghinaan lagi, cukup jawablah dengan evaluasi diri, gigih memperbaiki diri, dan beri bukti yang tak terpungkiri.


Jangan remehkan kesalahan sekecil apapun, karena boleh jadi yang kecil itulah yang menjadi awal malapetaka. Ketahuilah, kesalahan besar diawali terbiasa meremehkan kesalahan kecil.


Hentikanlah kebiasaan memotong pembicaraan orang, apalagi dengan memberi komentar yang tak enak, selain membuat suasana menjadi tegang, jadi menyakitkan dan menimbulkan permusuhan.


Hati-hati bila bergurau, bila berlebihan pasti akan menjadi masalah. Selain turunnya wibawa juga akan cenderung mudah berbohong dan menyakiti orang lain.


Jangan berlebihan dalam memuja seseorang, karena yg dipuja saja tdk mampu menolong dirinya sendiri apalagi orang lain. Kasihan pada yg dipujanya


Duduk diam berfikir bersama Alloh sama artinya menyusun kekuatan dalam gerak dan ucap


Aku bukan “guru” juga bukan “ustadz”.. aku hanya seseorang yang mencoba menjadi “sahabat” dlm perjalanan menuju “akhirat”.. akhir yg berat..


Jika bangunmu pagi ini di awali dgn menyembah Alloh.. maka segala apa yg diciptakanNya akan menyembahmu..


Diri ini selalu ingin kelihatan baik dimata manusia yang lain padahal begitu jelas keburukannya dimataMU.. Ampuni aku.. Ampuni aku..


Janganlah takut jadi tua, sebab semua tentu menua. namun takutlah tidak jadi dewasa, sebab kedewasaan sikaplah yang jadi jalur kebahagiaan dan kemuliaan.


Kebaikan akan mengantarkan seseorang kepada kebenaran dan kebenaran akan mengantarkan seseorang kepada puncak pengetahuan lalu menjadi rendah hati


Jika kita hanya boleh memilih 5 didunia ini maka pilihlah agama, harta, akhlaq mulia, rasa malu & pemurah.


Hidup bukan hanya untuk hari ini,besok, atau lusa. Hidup juga untuk menuju kehidupan kekal. Tanamkan kebaikan dalam hidup ini


“Maafkan” dan “Lupakan”.. itulah memaafkan yang sesungguhnya.


Jika semua ibadah hanya karena ramadhan sungguh ia telah pergi berlalu, tapi jika semua karena Allah, maka takkan ada yang berubah meski ramadhan telah pergi


Orang yang cerdas adalah orang yang takwa
Orang yang dungu adalah orang yang durhaka
Orang yang dusta adalah orang yang khianat
Orang yang benar adalah orang yang dapat dipercaya.



Baca:



Barang siapa yang memasuki kubur tanpa membawa bekal yaitu berupa amal shalih maka keadaannya seperti orang yang menyeberangi lautan tanpa menggunakan perahu.


Kami diuji dengan kesusahan, maka kami sabar, tetapi ketika diuji dengan kesenangan (kemewahan), hampir-hampir kami tidak sabar.


Tidak ada pembicaraan yang baik, jika tidak diarahkan untuk memperoleh ridha Allah swt.


Semenjak aku masuk Islam, belum pernah kukenyangkan perutku, demi dapat merasakan segarnya beribadah; dan belum pernah pula aku puas minum, karena sangat rindunya aku kepada Ilahi.


Tidak ada manfaat dari uang jika tidak dibelanjakan di jalan Allah. Tidak ada kebaikan dalam diri seseorang jika kebodohannya mengalahkan kesabarannya. Dan jika seseorang tertarik dengan pesona dunianya yang rendah, Allah swt tidak akan ridha kepadanya selama dia masih menyimpan hal itu dalam hatinya.


Ah, ingin aku jadi rumput saja, supaya dimakan oleh kuda (karena sangat ngerinya akan siksaan Allah).


Kita menemukan kedermawanan dalam Taqwa (kesadaran akan Allah), kekayaan dalam Yaqin (kepastian), dan kemuliaan dalam kerendahan hati.


Bila telah masuk waktu shalat, berdirilah kalian menuju ke tempat apimu yang sedang menyala dan padamkanlah ia.


Waspadalah terhadap kebanggaan, sebab kalian akan kembali ke tanah dan tubuhmu akan dimakan oleh cacing.


Tidak boleh seorang muslim menghina muslim yang lain. Yang kecil pada kaum muslimin, adalah besar pada sisi Allah.


Suatu hari beliau memanggil ‘Umar ra dan menasihati nya sampai ‘Umar ra menangis. Abu Bakar ra berkata kepadanya,“Jika engkau memegang nasihatku, engkau akan selamat, dan nasihatku adalah 'Harapkan kematian selalu dan hidup sesuai dengannya.


Jika kalian mengharapkan berkah Allah, berbuatlah baik terhadap hamba-hamba-Nya.


Mahasuci Allah yang tidak memberi hamba-hamba-Nya jalan untuk mendapat pengetahuan mengenai-Nya kecuali dengan jalan ketidak-berdayaan mereka dan tidak ada harapan untuk meraih pencapaian itu.

Post a Comment for "80 KATA-KATA HIJRAH DAN ISTIQOMAH UCAPAN SELAMAT TAHUN BARU ISLAM INSPIRATIF"