UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI HARI TANI NASIONAL 2019

Kata Puisi  Pantun Terbaru: Bulan September merupakan bulannya pertanian untuk anak muda, buruh tani dan seluruh petani Indonesia. Di bulan ini, tepatnya 24 September diperingati sebagai Hari Tani Nasional disingkat dengan HTN.


Berikut ini adalah quotes Ucapan HTN 2019 beserta dengan filosofi, ucapan selamat, dan sejarah berdasarkan hari kelahiran Undang-Undang No 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria, lebih dikenal dengan UUPA untuk menyambut perayaan di Tahun 2019 :


UCAPAN BIJAKSANA


Untuk memberi Ucapan HTN 2019, tentu banyak contoh rangkaian pesan bijak dari berbagai tokoh-tokoh juga pahlawan Indonesia dibidang agrikultur maupun lainnya seperti Adnan Sutan Samik, Luthfi Fatah, Ma Eroh, Suhaimi Sulaiman:

1. Adnan Sutan Samik

Jangan Pernah Menyerah Jadi Petani. - Adnan Sutan Samik
Adnan Sutan Samik adalah seorang tokoh pertanian yang berasal dari Kamang Hilir, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. H. Adnan Sutan Samiak merupakan peraih penghargaan Kalpataru tahun 1984 di bidang lingkungan hidup. Beliau merupakan tokoh yang mempopulerkan Limau (jeruk) Kamang di era tahun 1962 hingga tahun 1989 ini, menjadi insiprasi banyak orang untuk berusaha di bidang pertanian. Salah satu yang memotivasinya bekerja keras sehingga berbagai penghargaan, baik lokal maupun nasional, berhasil diraihnya adalah jangan pernah memiliki rasa menyerah dan terus tertantang untuk terus berusaha juga memiliki keyakinan yang kuat.


2. Luthfi Fatah

Dukung upaya pemerintah dalam mentransfomasi pertanian tradisional menjadi pertanian modern. - Luthfi Fatah
Luthfi Fatah adalah salah satu tokoh, guru besar dan dekan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat, serta penulis "Dinamika pembangunan pertanian dan pedesaan". Dukungan beliau terkait dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 18/Permentan/RC.040/4/2018 Tentang Pedoman Pengembangan Kawasan Pertanian Berbasis Korporasi Petani. Dimana implementasi mekanisasi dan standarisasi adalah lahirnya program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI) yang telah menggunakan koorporasi agar dapat memaksimalkan potensi yang ada.

3. Ma Eroh

Percayalah pada Kemampuan Diri Sendiri

Mak Eroh berhasil berjuang sendirian membuat saluran air sepanjang 47 hari adalah karena percaya akan kemampuan untuk memapras bukit cadas. Ketika pertama kali Mak Eroh melakukannya, banyak masyarakat sekitar yang mencibir tindakannya. Tapi hal itu tidak menyurutkan langkahnya untuk terus bekerja. Mak Eroh percaya akan kemampuan nya, walau saat itu usianya boleh dibilang tidak muda. Seorang wanita yang mustinya menikmati hari tuanya dengan menimang atau bermain dengan cucu.


Ma Eroh atau Nyi Eroh adalah tokoh peraih penghargaan Kalpataru pada tahun 1988 dan juga mendapatkan Penghargaan Lingkungan Hidup dari PBB pada tahun 1989 atas keberhasilannya memapras bukit cadas di lereng gunung Galunggung selama 40-an hari hanya dengan bermodal alat belencong dan cangkul demi mengalirkan air menuju desanya yang kekeringan.


4. Suhaimi Sulaiman

Berikan yang terbaik untuk petani - Suhaimi Sulaiman

Suhaimi Sulaiman adalah sosok pembaharu di sektor pertanian terutama lingkungan Menteri Pertanian. Beliau bekerja dan meminta kepeda semua bawahannya untuk turun ke lapangan sesuai dengan tanggung jawab yang ditunjuk di setiap daerah dan mendengarkan keluhan petani dan segera laporkan dengan tujuan memberikan yang terbaik untuk petani Indonesia. Sulaiman pernah memangkas anggaran perjalanan dinas Rp 4,6 triliun untuk dialihkan kepada petani dengan berwujud bantuan pompa air, traktor, benih, pembangunan jaringan irigasi tersier serta pengadaan pupuk.


FILOSOFI


Adapun filosofi yang dapat direnungi sebagai tema menyambut peringatan HTN 2019 adalah: "Kerja sama Elemen Penting Kehidupan." Sebagaimana kita ketahui bahwa sektor Pertanian  mengajarkan kita untuk saling berperan aktif sesuai dengan kemampuan terbaiknya. Contoh; hasil tani akan gagal apabila terdapat salah satu unsur dari faktor penentu keberhasilan panen tidak berperan sesuai porsinya, seperti cahaya matahari, angin, suhu, alam dan lainnya.



UCAPAN SELAMAT

  • hanyacoretankami.blogspot.com mengucapkan selamat hari tani dan hari ulang tahun Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria (UUPA). Terimakasih atas kontribusi terbaik untuk pangan nasional.
  • Selamat Hari Tani pada Tanggal 24 September 2019. Semoga Petani Indonesia semakin meningkat dibarengi dengan Kesejahteraan Petani dan pembangunan pertanian untuk semakin maju dalam skala Nasional.
  • Petani adalah Pahlawan tanpa tanda jasa.
  • Indonesia Selamat, Aman, Sentosa ,,,, Petani Sejahtera ,,, Selamat 24 September
  • Pertanian adalah dasar dari manufaktur, karena produksi alam adalah bahan seni. - Edward Gibbon
  • Petani yang pintar adalah mampu memanfaatkan dengan baik berdasar standarisasi dalam bertani
  • Permasalah petani adalah makanan sehari-hari seperti aliran air, pupuk dan hama yang menyerang
  • Keberhasilan petani terletak pada pengalaman dan praktek dalam mengolah lahan yang ada secara maksimal, Selamat Memperingati Hari Tani Nasional (HTN) Tahun 2019 yang ke-59
UCAPAN SELAMAT HARI TANI NASIONAL (HTN) 2019
Gambar Kata-kata bijak untuk ucapan selamat hari tani nasional HTN tahun 2019

Baca:

SEJARAH SINGKAT

Berdasarkan asal usul sejarah mengatakan bahwa Penetapan hari tani didasarkan pada hari kelahiran Undang-Undang No 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria, lebih dikenal dengan UUPA. Alasan UUPA ditetapkan menjadi hari pertanian adalah karena salah satu isi UUPA mengatur tentang ketetapan hukum bagi pelaksanaan redistribusi tanah pertanian (reforma agraria). Ketetapan kelahiran UUPA sebagai hari tani dengan pemikiran bahwa tanpa peletakan dasar keadilan bagi petani untuk menguasai sumber agraria, seperti tanah, air, dan kekayaan alam, mustahil ada kedaulatan petani. (Pramono, 2010)

Post a Comment for "UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI HARI TANI NASIONAL 2019"