IDUL FITRI 2022: UCAPAN, PESAN & STATUS WHATSAPP IDULFITRI

hanyacoretankami.blogspot.com Perayaan lebaran tinggal menghitung hari dan sekarang saatnya untuk merayakan Idul Fitri. Idul Fitri menandai akhir bulan suci Ramadhan. Juga dikenal sebagai "hari raya berbuka puasa", Idul Fitri adalah hari keagamaan penting yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Berikut adalah contoh kumpulan ucapan dan pesan bermakna yang dapat Anda bagikan dengan teman dan keluarga Anda dalam ungkapan maaf menyebarkan kata kebahagiaan dan Perayaan takbir serta minal aidin wal faidzin.


"hanyacoretankami.blogspot.com menyampaikan ucapan-ucapan selamat pada Idul Fitri. Ingat aku dalam doa-doamu."


“Dalam setiap senyum dan tawa bersama;
Dalam setiap doa diam-diam dijawab;
Dalam setiap kesempatan yang menghadang Anda
semoga Allah memberkati Anda dengan sangat! Selamat IdulFitri"


"Semoga Allah memberi Anda kegembiraan, kebahagiaan, kedamaian, dan kemakmuran pada kesempatan yang diberkahi ini. Semoga Anda dan keluarga Anda pada saat Idul Fitri yang menyenangkan ini! Selamat merayakan IdulFitri 1 Syawal 1443 Hijriah!"


"Semoga Allah membanjiri hidup Anda dengan kebahagiaan pada kesempatan ini, hati Anda dengan cinta, jiwa Anda dengan spiritual, pikiran Anda dengan kebijaksanaan, hanyacoretankami mengucapkan selamat IdulFitri yang sangat bahagia."


"Semoga keajaiban Idul Fitri ini membawa banyak kebahagiaan dalam hidupmu dan semoga kau merayakannya dengan semua teman dekatmu & semoga itu mengisi hatimu dengan keajaiban. kami sampaikan selamat IdulFitri untuk teman muslim dari hati yang sebenar-benarnya"


"Semoga Tuhan memberimu kebahagiaan surga di atas. Selamat IdulFitri Untuk Anda Semua dari hati yang sebenar-benarnya Minal Aidin Wal faidzin Mohon MaafLahir dan Bathin."


"Biarkan Idul Fitri ini membuka pikiranmu dengan pikiran segar yang baru."


"Semoga rahmat Allah menyertai kamu hari ini, besok dan selalu. Met IdulFitri pacar tersayang!"


"Semoga hari istimewa ini membawa kedamaian, kebahagiaan dan kemakmuran bagi semua orang. Slamat Idul Fitri!"


"Semoga keajaiban IdulFitri ini membawa banyak kebahagiaan dalam hidupmu dan semoga kau merayakannya dengan semua teman dekatmu & semoga itu mengisi hatimu dengan keajaiban. Slamat hari perayaan IdulFitri "


"Hari ini saya berdoa agar - Kebahagiaan ada di depan pintu Anda, semoga itu mengetuk lebih awal, tetap terlambat dan meninggalkan karunia Kedamaian Allah, cinta, sukacita dan kesehatan yang baik di belakang"


"Bulan suci Ramadhan dirayakan dengan penuh pengabdian. Sekarang saatnya untuk IdulFitri. Pada kesempatan IdulFitri, ucapan selamat melalui harapan terbaik saya untuk semua."


Pada kesempatan baik Idul Fitri, saya menyampaikan salam, ucapan dan harapan baik kepada semua warga Indonesia sahabat saya semua, terutama saudara-saudara Muslim saya, di dunia"


"Semoga Idul Fitri membawakan Kesenangan;
Idul Fitri membawa Kebahagiaan,
Idul Fitri membawa berkah tiada akhir,
Idul Fitri membawa cinta segar ...
Selamat Idul Fitri untuk hari raya penuh berkah buat Anda dan keluarga Anda"


"Ketika lenganku tidak dapat menjangkau orang-orang yang dekat dengan hatiku, aku selalu memeluk mereka dengan doa-doaku. Semoga perdamaian Allah bersamamu. hanyacoretankami.blogspot.com mengucapkan kata-kata selamat Idul Fitri di 2022."


"Semoga Anda dan keluarga Anda memperoleh berkah Allah, kebaikan Allah, dan bantuan Allah pada hari Idul Fitri ini. Minal aidin wal faidzin di IdulFitri maafin jika ada salah baik dari ucapan maupun perkataan!"


"Ketika bulan IdulFitri muncul dengan adanya hilal, itu membuat kita semua sangat bahagia dan bersemangat. Semoga semua waktumu penuh dengan kegembiraan dan kebahagiaan yang lucu. Selamat Hari Raya Idul Fitri! dari hanyacoretankami.blogspot.com"


"Idul Fitri adalah hari yang indah dan menyenangkan untuk Berdoa, Peduli, Cinta, Senyum, dan Rayakan satu sama lain dan berterima kasih kepada Allah karena memberi kita hari yang indah ini. Met lebaran bersama keluarga di IdulFitri ini!"


"Tidak ada bayangan untuk menekanmu.
Hanya kegembiraan untuk mengelilingimu.
Allah sendiri memberkatimu.
Ini adalah ucapan harapanku untukmu.
Hari ini besok dan setiap hari ... IdulFitri!"


"IdulFitri dimaksudkan untuk merayakan tujuan dan pencapaian yang membuat Anda paling bahagia.
Cita-cita yang Anda yakini, impian yang paling Anda cintai. Met Lebaran Taqoballahu minna waminkum mohon maaflahir batin minal aidin wal faidzin!"


"Biarkan semua hambatanmu lenyap hanya dalam hitungan detik. Selamat Idul Fitri!"


PESAN MINAL 'AIDIN WAL FAIZIN

Masih dalam suasana lebaran,
hanyacoretankami menyampaikan amanat ucapan :
Selamat Hari Raya Idul Fitri
1 Syawal 1441 Hijriyah
Minal 'aidin walfaizin
Mohon Maaf Lahir dan Batin


MINAL 'AIDIN WAL FAIZIN, sebagian besar orang di artikan = MOHON MAAF LAHIR BATIN - saling meminta maaf, , benarkah ini ???


Selamat Hari Raya Idul Fitri, Taqobalallahu Minnaa wa Minkum, Minal ‘Aidin wal Faizin, Mohon Maaf Lahir Batin, merupakan ucapan yang biasa disampaikan dan diterima oleh kaum muslimin di hari lebaran baik melalui lisan ataupun kartu ucapan idul fitri. Ada dua kalimat yang diambil dari bahasa arab di sana, yaitu kalimat ke dua dan tiga. Apakah arti kedua kalimat itu? Dari mana asal-usulnya? Sebagian orang kadang cukup mengucapkan minal ‘aidin wal faizin dengan bermaksud meminta maaf. Benarkah dua kalimat yang terakhir memiliki makna yang sama?


Para Sahabat Rasulullah biasa mengucapkan kalimat Taqobalallaahu minnaa wa minkum di antara mereka. Arti kalimat ini adalah semoga Allah menerima dari kami dan dari kalian. Maksudnya, menerima amal ibadah kita semua selama bulan Ramadhan. Para sahabat juga biasa menambahkan: shiyamana wa shiyamakum, semoga juga puasaku dan kalian diterima.


Jadi kalimat yang ke dua dari ucapan selamat lebaran di atas memang biasa digunakan sejak jaman para Sahabat Nabi hingga sekarang.


Lalu bagaimana dengan kalimat: minal ‘aidin wal faizin? kalimat ini mengandung dua kata pokok: ‘aidin dan faizin (Ini penulisan yang benar menurut ejaan bahasa indonesia, bukan aidzin,aidhin atau faidzin,faidhin. Kalau dalam tulisan bahasa arab: من العاءدين و الفاءيزين )


Yang pertama sebenarnya sama akar katanya dengan ‘Id pada Idul Fitri. ‘Id itu artinya kembali, maksudnya sesuatu yang kembali atau berulang, dalam hal ini perayaan yang datang setiap tahun. Sementara Al Fitr, artinya berbuka, maksudnya tidak lagi berpuasa selama sebulan penuh. Jadi, Idul Fitri berarti “hari raya berbuka” dan ‘aidin menunjukkan para pelakunya, yaitu orang-orang yang kembali. (Ada juga yang menghubungkan al Fitr dengan Fitrah atau kesucian, asal kejadian)


Faizin berasal dari kata fawz yang berarti kemenangan. Maka, faizin adalah orang-orang yang menang. Menang di sini berarti memperoleh keberuntungan berupa ridha, ampunan dan nikmat surga. Sementara kata min dalam minal menunjukkan bagian dari sesuatu.


Sebenarnya ada potongan kalimat yang semestinya ditambahkan di depan kalimat ini, yaitu ja’alanallaahu (semoga Allah menjadikan kita). Jadi selengkapnya kalimat minal ‘aidin wal faizin bermakna (semoga Allah menjadikan kita) bagian dari orang-orang yang kembali (kepada ketaqwaan/kesucian) dan orang-orang yang menang (dari melawan hawa nafsu dan memperoleh ridha Allah). Jelaslah, meskipun diikuti dengan kalimat mohon maaf lahir batin, ia tidak mempunyai makna yang serupa. Bahkan sebenarnya merupakan tambahan doa untuk kita yang patut untuk diaminkan.


Ucapan Minal ‘Aidin wal Faizin adalah Adalah salah satu ungkapan yang paling populer diucapkan pada hari raya fitri. Sama sekali tidak bersumber dari sunnah nabi, melainkan merupakan ‘urf (kebiasaan) yang ada di suatu masyarakat, dalam hal ini ya di Indonesia saja.
Sering kali kita salah kaprah mengartikan ucapan tersebut, karena biasanya diikuti dengan “mohon maaf lahir dan batin”. Jadi seolah-olah minal ‘aidin wal faizin itu artinya mohon maaf lahir dan batin. Padahal arti sesungguhnya bukan itu. Kata minal aidin wal faizin itu sebenarnya sebuah ungkapan harapan atau doa. Tapi masih ada penggalan yang terlewat. Seharusnya lafadz lengkapnya adalah ja’alanallahu wa iyyakum minal aidin wal faizin,artinya semoga Allah menjadikan kami dan anda sebagai orang-orang yang kembali dan beruntung (menang).


Sedangkan Makna Minal `Aidin wal Faizin menurut Prof. Dr. M. Quraish Shihab dari buku Lentera Hati, “Minal `aidin wal faizin,” demikian harapan dan doa yang kita ucapkan kepada sanak keluarga dan handai tolan pada Idul Fitri. Apakah yang dimaksud dengan ucapan ini ? Sayang, kita tidak dapat merujuk kepada Al-Quran untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan kata `aidin, karena bentuk kata tersebut tidak bisa kita temukan di sana. Namun dari segi bahasa, minal `aidin berarti “(semoga kita) termasuk orang-orang yang kembali.” Kembali di sini adalah kembali kepada fitrah, yakni “asal kejadian”, atau “kesucian”, atau “agama yang benar”.





Setelah mengasah dan mengasuh jiwa – yaitu berpuasa – selama satu bulan, diharapkan setiap Muslim dapat kembali ke asal kejadiannya dengan menemukan “jati dirinya”, yaitu kembali suci sebagai mana ketika ia baru dilahirkan serta kembali mengamalkan ajaran agama yang benar. Ini semua menuntut keserasian hubungan, karena – menurut Rasulullah – al-aidin al-mu’amalah, yakni keserasian dengan sesama manusia, lingkungan, dan alam. Sementara itu, al-faizin diambil dari kata fawz yang berarti “keberuntungan” . Apakah “keberuntungan” yang kita harapkan itu Di sini kita dapat merujuk pada Al-Quran, karena 29 kali kata tersebut, dalam berbagai bentuknya, terulang. Menarik juga untuk diketengahkan bahwa Al-Quran hanya sekali menggunakan bentuk afuzu (saya beruntung). Itupun menggambarkan ucapan orang-orang munafik yang memahami “keberuntungan” sebagai keberuntungan yang bersifat material (baca QS 4:73)


Bila kita telusuri Al-Quran yang berhubungan dengan konteks dan makna ayat-ayat yang menggunakan kata fawz, ditemukan bahwa seluruhnya (kecuali QS 4:73) mengandung makna “pengampunan dan keridhaan Tuhan serta kebahagiaan surgawi.” Kalau demikian halnya, wal faizin harus dipahami dalam arti harapan dan doa, yaitu semoga kita termasuk orang-orang yang memperoleh ampunan dan ridha Allah SWT sehingga kita semua mendapatkan kenikmatan surga-Nya.


Salah satu syarat untuk memperoleh anugerah tersebut ditegaskan oleh Al-Quran dalam surah An-Nur ayat 22, yang menurut sejarah turunnya berkaitan dengan kasus Abubakar r.a. dengan salah seorang yang ikut ambil bagian dalam menyebarkan gosip terhadap putrinya sekaligus istri Nabi, Aisyah. Begitu marahnya Abubakar sehingga ia bersumpah untuk tidak memaafkan dan tidak memberi bantuan apapun kepadanya.


Tuhan memberi petunjuk dalam ayat tersebut: Hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin Allah mengampunimu? Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS 24:22).


Marilah kita saling berlapang dada, mengulurkan tangan dan saling ikhlas, -semoga kita dapat kembali mendapatkan jati diri kita- semoga kita bersama memperoleh ampunan- ridha dan kenikmatan surgawi. Amin. Taqabbalallaahu minna wa minkum.

https://hanyacoretankami.blogspot.com/
Gambar DP BBM Ucapan Selamat hari Raya lebaran Idul Fitri



KESIMPULAN IDUL FITRI 2022: UCAPAN, PESAN & STATUS WHATSAPP IDULFITRI


1. Lebaran adalah akan berarti jika engkau yang disana mau membukakan pintu maaf untuk ku sahabat "Taqabbalallahu Minna wa Minkum"


2. Ucapan lebaran yang kusampaikan lewat kartu ucapan sebagai perwakilan walau jarak memisahkan bagiku tak memupuskan aku untuk mengucapkan "Minal Aidin Walfaidzin"


3. Tiada kata-kata maupun puisi bahkan pantun yang bisa mewakili perasaan ini selain untaian doa semoga di hari raya Idul Fitri menjadi kata-kata mutiara menyentuh sanubari menyejukan hati. Eid Mubarak


4. Mungkin banyak ucapan selamat hari raya Idul Fitri banyak kau terima dari teman-temanmu, namun Ucapan selamat hari raya ini kubuat spesial untuk mu pacara tersayang. Semoga kasih sayang serta cinta kita selalu berada pada hati nan fitri seperti cahaya yang berkumandang dalam takbir.


5. THR yang dinanti telah tiba
Puasa Ramadan akan berakhir segera
Takbir akan berkumandang diudara
Tak lengkap rasanya tanpa Ucapan lebaran Idul fitri untuk sahabat tercinta
Mohon Maaf Lahir dan Batin


6. Marayakan hari raya bersama keluarga
Merayakannya dengan penuh suka cita
Kini lebaran telah tiba
Mohon maaf atas segala khilaf dan dosa


7. Idul Fitri adalah mensucikan hati
Mengembalikan raga kembali fitri
Perayaan ini seperti tak berarti
Kecuali dirimu mau memafkan ku sepenuh hati
-Eid Mubarak


8. Bersamaku kekasih tersayang menjalani cinta penuh cobaan
Ada pertengkaran juga menyentuh hati
Di hari raya lebaran ini ingin ku ucapkan
Maafkan segala kata juga perbuatan yang menyakiti


9. Gema takbir telah berkumandang
Lebaran kini akan datang
Jangan lupa untuk sembayang
Mari kita mulai bergegas shalat id bersama orang tersayang


10. Ketika ucapan mengirigi sang pelangi
Pada lebaran yang fitri ini
Jangan lupa sertakan "Selamat Hari Raya Idul Fitri"
Karena Tahun 2020 - 1 Syawal 1440 H adalah penuh arti ( https://hanyacoretankami.blogspot.com )

Post a Comment for "IDUL FITRI 2022: UCAPAN, PESAN & STATUS WHATSAPP IDULFITRI"