UCAPAN DAN SEJARAH HARI BATIK NASIONAL TAHUN 2019

KATA PUISI PANTUN TERBARU : Menurut catatan sejarah Internasional, Batik Indonesia menjadi semakin terkenal setelah memperoleh pengakuan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) atau Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB yang memutuskan batik Indonesia sebagai warisan pusaka dunia di Abu Dhabi. Peristiwa bersejarah ini diberikan pada 2 Oktober 2009 yang kemudian momentum tersebut ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009. Tepat pada tanggal 2 Oktober 2019 ini Peringatan Hari Batik Nasional (HBN) telah memasuki perayaan atau peringatan yang ke-10. Dalam menyambut dan menyemarakkan Hari Batik Nasional hanyacoretankami.blogspot.com akan membahas tentang ucapan, sejarah dan Tujuan Hari Batik Nasional (HBN) Tahun 2019.





TUJUAN PERINGATAN HARI BATIK NASIONAL

Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional untuk memperingati pengakuan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) atau Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB yang memutuskan batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi. Semenjak mendapat pengakuan UNESCO tersebut, sejarah Nasional mencatata pemerintah Indonesia melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 33 Tahun 2009 secara resmi menetapkan HBN (Hari Batik Nasional) sebagai wujud rasa syukur dan bertujuan untuk mendorong masyarakat agar terus mengembangkan batik nasional.

Ucapan Batik Day, Selamat Hari Batik Nasional 2018/2019
Gambar: kata-kata mutiara tema ucapan selamat merayakan hari batik Nasional tahun 2019

UCAPAN HARI BATIK NASIONAL

Dalam menyambut, menyemarakkan dan mempromosikan Hari Batik Nasional pemerintah Indonesia telah membuat surat edaran yang disampaikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan surat bernomor 110505/A.A6.2/TU/2019 tentang Peringatan Hari Batik Nasional (HBN) Tahun 2019 yang ke-10, yang berisi harapan dan himbauan kepada pimpinan unit utama di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala UPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kepala Sekolah/ Madrasah di Seluruh Indonesia diharapkan untuk: Mengenakan Pakaian Batik Pada Tanggal 2 Oktober 2019; Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan mempromosikan batik seperti pameran, peragaan busana, lomba membatik dengan teknik canting, dan lain-lain; Menghias gedung instansi masing-masing dengan hiasan bernuansa batik selama 5 (lima) hari mulai tanggal 30 September sampai 5 Oktober 2019. Tentu selain itu, banyak diantara teman-teman yang ingin mempromosikan Peringatan Hari Batik dengan mengirim kata-kata bijak, kata mutiara yang menginspirasi, quotes motivasi maupun sekedar kata ucapan selamat merayakan 2 Oktober. Namun apabila kamu masih bingung dalam merangkai pesan ucapan inspiratif hanyacoretankami.blogspot.com telah merangkum beberapa contoh kumpulan ucapan kata hari nasional 2 oktober tahun 2019.
  • hanyacoretankami.blogspot.com mengucapkan selamat Hari Batik Nasional 2019 2 Oktober. Bangga dengan budaya asli adalah salah satu cerminan kemajuan bangsa. Terus lestarikan budaya Indonesia salah satunya dengan ayo gemar memakai batik
  • kita harus bangga dan melestarikan budaya dan produk aseli Indonesia
  • Selamat Hari Batik Nasional 2019, Hari ini Panjenengan pakai batik motif apa?
  • Semoga dengan tingginya sence of belonging warga Indonesia terhadap batik juga ditunjukan dengan ala kekinian mampu mendorong masyarakat agar terus mengembangkan batik nasional
  • Hari ini Ayo mulai belajar membatik dengan canting
  • Untuk teman yang masih berpikir pake batik itu KOLOT, sungguh kalian tidak mencintai Tanah Air kalian.
  • Selamat Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019 Mari Kita Jadikan Batik Sebagai Jati diri Nasional
  • semoga kita mampu menjaga kebudayaan indonesia sebagai pengakuan bukan hanya sekedar warisan pusaka dunia, Selamat HBN 2019 2 Oktober

Baca: UCAPAN BATIK DAY, SELAMAT MERAYAKAN HARI BATIK NASIONAL 2019


HARI BATIK NASIONAL TAHUN 2019 BUKAN HANYA UCAPAN DAN SEJARAH NAMUN PERLU MENGENAL FAKTA BATIK INDONESIA

Berikut beberapa Fakta-fakta menarik tentang batik sebagai cara mempelajari batik bukan hanya mengucapkan selamat dan mengenal sejarah hari batik Nasional tahun 2019, Adapun fakta fakta tersebut adalah:
  • Batik adalah produk budaya. Ini dapat ditemukan di berbagai negara di dunia seperti Malaysia, Nigeria, India, Singapura, Sri Lanka dan Filipina. Jenis batik yang paling terkenal adalah dari Indonesia.
  • Sebagian besar batik di Indonesia dibuat di Jawa. Cara membuatnya denganteknik dan pola yang beragam karena batik memiliki sejarah panjang akulturasi.
  • Batik Indonesia dipilih oleh UNESCO sebagai Karya Agung warisan pusaka dunia dan Lisan pada Oktober 2009 tepatnya pada tanggal 2.
  • Batik tradisional disebut batik tulis atau batik canting. Polanya dibuat dengan menggunakan canting, bukan tutup. Dibandingkan dengan cap batik, meotode dari hasil itu memiliki pola dan warna yang bagus untuk seluruh proses dalam membuat batik tulis adalah sekitar satu tahun.
  • Hari ini Ayo mulai belajar membatik dengan canting juga pelajari lebih dalam mengenai sejarah, ucapan dan pesan dari motif yang terdapat dari batik kamu
  • Ada beberapa desain batik untuk royalti. Rakyat jelata umumnya tidak pernah memakai pola batik itu. Di sejarah masa lalu, peringkat seseorang dapat dilihat dari jenis batik yang dia kenakan.



TEMA SEJARAH DAN UCAPAN SELAMAT HARI BATIK NASIONAL TAHUN 2019

Sebagai informasi, bahwa Peringatan HBN (Hari Batik Nasional) yang ke-10 Tahun 2019 digelar di kota Jakarta dan Solo, Adapun tema yang diangkat adalah MEMBATIK UNTUK NEGERI.


Kata batik berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa: amba, yang bermakna ‘menulis’ dan titik. Walaupun kata batik berasal dari bahasa Jawa, kehadiran batik di Jawa sendiri tidaklah tercatat. Menuruh ahli seperti G.P. Rouffaer berpendapat bahwa teknik membatik adalah kemungkinan diperkenalkan dari India atau Srilanka pada abad ke-6 atau ke-7.


Di sisi lain, J.L.A. Brandes, arkeolog Belanda, dan F.A. Sutjipto, sejarawan Indonesia, percaya bahwa tradisi batik adalah asli dari daerah seperti Toraja, Flores, Halmahera, dan Papua. Perlu dicatat bahwa wilayah tersebut bukanlah area yang dipengaruhi oleh Hinduisme, tetapi diketahui memiliki tradisi kuno membuat batik.


Dalam Sejarah singkat Indonesia, batik kemudian menjadi busana yang dikenakan oleh para tokoh, mulai dari masa sebelum kemerdekaan hingga sekarang. Di awal tahun 80-an, dalam diplomasi ke luar negeri, Presiden Soeharto mengatakan batik sebagai warisan nenek moyang Indonesia, terutama masyarakat Jawa yang hingga kini dikenakan oleh berbagai kalangan dan usia. Dengan pengakuan UNESCO dan ditetapkannya Hari Batik Nasional pada 2 Oktober semakin menempatkan batik tak hanya budaya Indonesia, tapi jati diri dan indentitas bangsa.


Oleh sebab itu, pada Peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019 ini selain hanyacoretankami.blogspot mengucapkan selamat merayakan juga mengajak seluruh teman-teman untuk mulai mengenakan batik Indonesia bukan hanya untuk hari ini namun setiap hari sebagai langkah menunjukkan kebanggan dan indentitas serta mengenalakan kepada dunia tentang jenis-jenis motif batik Nasional, semoga bermanfaat!!

Post a Comment for "UCAPAN DAN SEJARAH HARI BATIK NASIONAL TAHUN 2019"