SEJARAH HARI PERAWAT NASIONAL 17 MARET

hanyacoretankami.blogspot.com: Setiap tahun, 17 Maret diperingati sebagai Hari Perawat Nasional sebagaimana telah usulkan oleh PPNI. Hari Perawat dilatarbelakangi oleh lahirnya Persatuan Perawat Nasional yang kini bernama Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) pada 1974. PPNI terbentuk dalam penggabungan atau fusi organisasi perawat di Indonesia seperti Perkumpulan Kaum Verplegerfster Indonesia (PKVI), Persatuan Djuru Kesehatan Indonesia (PDKI). Ada pula Persatuan Perawat Indonesia (PPI), dan Ikatan Perawat Indonesia (IPI).

https://hanyacoretankami.blogspot.com/
Gambar Lambang Organisasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia


Pada tanggal 17 Maret 1974 disetujui dan dilakukan pernyataan bersama terbentuknya Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). Serta, membentuk suatu kepanitian untuk mempersiapkan kongres pertama yang dilangsungkan pada tahun 1976.


Dari latar belakang ini dan setelah melalui perjalanan sejarah yang tidak singkat tepatnya pada tahun 2018, Ketua DPW PPNI Provinsi seluruh Indonesia, di komandoi Harif Fadhillah Ketua Umum DPP PPNI sebanyak 40 orang bertemu Joko Widodo Presiden Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta untuk menyampaikan 10 Aspirasi Perawat Indonesia, salah satunya adalah Mengusulkan tanggal 17 Maret untuk ditetapkan sebagai Hari Perawat Nasional melalui ketetapan/keputusan Presiden.


Meskipun hingga tahun 2020 ini usulan tersebut belum terwujud namun tanggal 17 Maret tetap menjadi tanggal Istimewa bagi seluruh kepengurusan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (Kepanjangan dari PPNI) karena pada tahun 1974 tepatnya 17 Maret adalah Hari Lahir Organisasi keperawatan skala Nasional (PPNI).


Adapun latar belakang dibentuknya PPNI oleh perintis perawat di Indonesia adalah bahwa tenaga keperawatan harus berada pada wadah /organisasi profesi perawat Nasional untuk menentukan martabat profesi perawat. Semangat inilah yang kemudian terjadinya penggabungan atau fusi organisasi perawat seperti (PKVI), (PDKI), (PPI), dan (IPI) yang dilakukan di Ruang Demontration Jl. Prof Eykman Bandung No.34 Bandung Jawa Barat, sejak saat itu Tanggal 17 Maret 1974 disetujui dan dilakukan pernyataan bersama terbentuknya Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

https://hanyacoretankami.blogspot.com/
Gambar Lambang logo HUT ke 46 PPNI untuk Hari Perawat Nasional Indonesia di 2020


Jadi inilah alasan mengapa tanggal 17 Maret diaspirasikan atau diusulkan sebagai Hari Perawat Nasional Indonesia. Sebagai penghormatan kepada para Perawat, Selain PPNI merupakan satu-satunya Organisasi Profesi (OP) yang diakui oleh Negara/pemerintah berdasarkan amanah Undang-Undang No. 38 tahun 2014 tentang Keperawatan tentu Hari Ulang Tahun (HUT) PPNI dipandang tepat sebagaimana apirasi mereka untuk ditetapkan sebagai Hari Perawat Nasional dan diperingati setiap tanggal 17 Maret tiap tahunnya. hanyacoretankami.blogspot.com mengucapkan Selamat Hari Perawat Nasional dan Selamat Dirgahayu PPNI!


Salam Calon Perawat Indonesia!
Salam Kata Puisi Pantun hanyacoretankami.blogspot.com